5 Keluhan Medis Paling Banyak Ditanya Selama Puasa Ramadhan 

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nashih Nashrullah

 Sabtu 23 May 2020 03:00 WIB

Keluhan medis ditanyakn di  GrabHealth powered by Good Doctor. Ilustrasi puasa. Foto: Republika/Yogi Ardhi Keluhan medis ditanyakn di GrabHealth powered by Good Doctor. Ilustrasi puasa.

Keluhan medis ditanyakn di GrabHealth powered by Good Doctor.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang salah mengatur asupan makanan selama Ramadhan, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Hal itu tentu menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Padahal, jika melakukan dengan tepat, berbuasa justru membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga

Jika Anda mengalami masalah kesehatan selama berpuasa, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter profesional melalui aplikasi telemedis, seperti GrabHealth powered by Good Doctor. Dengan itu, Anda bisa mendapat informasi tepat, akurat, dan cepat sesuai dengan keluhan.

GrabHealth powered by Good Doctor, sebagai platform layanan kesehatan digital, menerima banyak konsultasi terkait keluhan dan tips berpuasa dari para penggunanya selama bulan Ramadhan. 

Layanan konsultasi daring di GrabHealth powered by Good Doctor dapat diakses selama 24 jam sehari. Anda dapat berkonsultasi untuk mengambil langkah pengobatan atau pencegahanyang diperlukan. 

Selama masa pandemi Covid-19, layanan konsultasi daring seperti GrabHealth powered by Good Doctor menjadi pilihan konsultasi yang dirujuk oleh pemerintah agar masyarakat bisa menunda pergi ke fasilitas kesehatan, karena bisa dilakukan dari rumah. 

Terhitung selama bulan puasa 2020 ini, ada banyak topik konsultasi yang diberikan mitra dokter dari GrabHealth powered by Good Doctor. Dalam keterangan tertulisnya, berikut ini rangkumkan keluhan kesehatan dan pertanyaan yang paling sering ditanyakan selama Ramadhan.

1. Dispepsia

Menurut dr Elizabeth Clarissa, mitra dokter dari Good Doctor Technology Indonesia, dispepsia atau juga dikenal sebagai gangguan pencernaan adalah ketidaknyamanan atau rasa sakit di bagian perut atas. Istilah ini mengacu pada sekelompok gejala seperti kembung, perut terasa tidak nyaman, mual, dan bersendawa. Mengingat bahwa dalam sebagian besar kasus, gangguan pencernaan berkaitan dengan makan atau minum, maka tidak heran jika keluhan ini paling umum dikonsultasikan selama Ramadhan. 

Perlu diketahui, dispepsia juga dapat dipicu pikiran yang stres atau kecemasan. Kemungkinan kecemasan dalam situasi pandemik Covid-19 pun menjadi faktor meningkatnya kondisi ini. Good Doctor mencatat bahwa 10 persen konsultasi yang dilakukan di aplikasi membahas topik seputar dispepsia.

2. Gangguan kulit

Sebanyak 9 persen topik konsultasi di Good Doctor membahas mengenai gangguan kulit. Dokter Elizabeth mengatakan bahwa masalah kesehatan tidak hanya terbatas dengan ketidaknyamanan internal, tapi juga masalah kulit topikal. Gangguan kulit juga bisa mencerminkan masalah kesehatan internal. Masalah kulit seperti kulit kering, berjerawat, dan sensitif dapat terjadi karena pola makan dan tidur yang kurang baik.

3. Tips berpuasa untuk wanita hamil dan menyusui

Meskipun hukum Islam tidak mengharuskan wanita hamil berpuasa demi kesehatan ibu dan bayinya, tetapi masih ada beberapa yang mempertanyakan ke mitra dokter di GrabHealth powered by Good Doctor mengenai tips dan penjelasan medis mengenai cara berpuasa yang baik untuk wanita hamil dan menyusui. 

Topik seputar wanita hamil dan menyusui selama bulan puasa menduduki peringkat ketiga, sebagai pembahasan yang paling banyak ditanyakan di aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor dengan jumlah sebanyak 7 persen.

photo
Asupan gizi selama puasa bisa dipenuhi saat sahur dan berbuka (Foto: ilustrasi buka puasa Ramadhan) - (Pexels)

4. Pegal-pegal dan nyeri kepala

Pegal-pegal dan nyeri kepala merupakan kondisi yang sering dialami oleh masyarakat umum. Selama bulan Ramadhan, pola tidur dan aktivitas fisik yang tidak teratur banyak menyebabkan keluhan ini. Ada sebanyak 5 persen konsultasi yang dilakukan di aplikasi membahas topik seputar pegal-pegal dan nyeri kepala.

5. Pola makan baik saat puasa

Gejala sakit dan masalah kesehatan dapat dihindari dengan adanya perubahan tata cara makan pada bulan puasa, sebanyak 5 persen konsultasi di GrabHealth powered by Good Doctor membahas mengenai pola makan yang baik, agar puasa berjalan dengan lancar dan bebas dari masalah kesehatan.

Namun perlu dicatat juga, kelima keluhan di atas juga wajar Anda alami bahkan di luar bulan puasa, oleh karena itu Anda tetap perlu waspada dalam menjaga pola makan dan mengikuti anjuran dari dokter, jika terjadi keluhan.

Demi mendukung masyarakat dan para penggunanya agar dapat menjalankan bulan puasa dengan lebih maksimal, Good Doctor meluncurkan kampanye #BaikBersama agar penggunanya bisa mendapatkan informasi tepat demi menjalani puasa yang sehat.

Dalam aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor, pengguna dapat melakukan konsultasi mengenai gejala hingga menanyakan tips untuk menghindari masalah kesehatan kepada dokter umum dan spesialis yang tersedia 24 jam selama tujuh hari.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X