Jumat 22 May 2020 21:12 WIB

Kontak dengan Pasien Covid, 9 Warga Tanah Datar Negatif Swab

Gugus Tugas Tanah Datar sebut masih ada 10 warga menunggu hasil Swab Covid-19

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rumah Sakit Universitas Andalas di Kota Padang yang sudah diresmikan sebagai salah satu  rumah sakit rujukan untuk mengisolasi pasien positif covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan sembilan orang warga Tanah Datar yang terlibat kontak dengan pasien positif covid-19 telah dinyatakan negatif setelah hasil uji swab keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Rumah Sakit Universitas Andalas di Kota Padang yang sudah diresmikan sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk mengisolasi pasien positif covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan sembilan orang warga Tanah Datar yang terlibat kontak dengan pasien positif covid-19 telah dinyatakan negatif setelah hasil uji swab keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan sembilan orang warga Tanah Datar yang terlibat kontak dengan pasien positif covid-19 telah dinyatakan negatif setelah hasil uji swab keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

"“Alhamdulillah, Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand menyampaikan hasil uji swab 9 warga Tanah Datar seluruhnya negatif," kata Roza, Jumat (22/5). Roza menjelaskan dari 9 warga yang tes swab tersebut 2 orang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kontak erat dengan pasien positif covid-19 asal Sijangek, Sungai Tarab. 

Tujuh orang lainnya adalah OTG yang kontak dengan pasien positif covid-19 asal Batipuh. Saat ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanah Datar masih menantikan hasil uji 10 swab dari Lab FK Unand.

"Kita tunggu 10 orang lagi. Mudah-mudahan semuanya negatif," ucap Roza. Hingga hari ini kasus positif covid-19 di Tanah Datar mencapai 10 orang. 3 orang sudah dinyatakan sembuh, 5 orang masih dirawat di rumah sakit rujukan, 1 orang dikarantina dan 1 orang meninggal dunia.

Roza mengingatkan semua warga Tanah Datar agar tidak pernah melakukan diskriminasi terhadap pasien positif, ODP, PDP dan OTG covid-19.

Menurut Roza orang-orang yang sudah dinyatakan negatif covid-19 sudah dapat kembali beraktivitas dengan normal.

Kemudian Roza meminta kesadaran warga yang baru pulang dari perantauan agar melakukan karantina di rumah selama 14 hari. Bila ada keluhan seperti demam, sesak nafas disarankan segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat dan memberikan penjelasan secara jujur kepada tenaga kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement