Jumat 22 May 2020 19:50 WIB

Satu Tenaga Medis di Lampung Positif Covid-19

Pasien merupakan perempuan berusia 24 tahun yang bertugas di rumah sakit pemerintah.

Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.
Foto: AP
Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan satu tenaga medis terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung. Tenaga di rumah sakit di Bandarlampung itu merupakan satu dari empat tambahan pasien positif terinfeksi virus corona jenis baru.

"Ya hari ini ada empat tambahan positif Covid-19 sehingga total ada 105 kasus di Lampung," kata Kepala Dinas Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Sabtu (22/5).

Ia mengatakan, bahwa keempat pasien tersebut merupakan warga Bandarlampung. Tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni pasien dengan nomor 105 seorang perempuan berusia 24 tahun bertugas di rumah sakit pemerintah di Bandarlampung.

Dia menjelaskan bahwa perempuan tersebut tidak ada riwayat perjalanan ke daerah zona merah dan sebagainya, namun saat di lakukan swab pada tanggal 18 Mei 2020 hasil swab awalnya positif Covid-19. "Kondisi beliau saat ini positif dan sedang menjalani isolasi mandiri," kata dia.

Kemudian, pasien nomor 102 dan 103 merupakan pasien yang didapatkan dari hasil penelusuran (tracing) dari pasien positif sebelumnya nomor 85. "Ke duanya pasien kami ini berjenis kelamin wanita dengan usia 29 dan 48 tahun, saat kondisinya sehat dan menjalani isolasi mandiri," kata dia.

Selanjutnya, pasien nomor 104 seorang perempuan usia 27 tahun yang merupakan hasil tracing dari pasien nomor 69 yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. "Ke empat pasien ini adalah orang tanpa gejala (OTG) yang terkonfirmasi positif," kata dia.

Dari 105 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Lampung 64 pasien masih dalam perawatan, 34 lainnya dinyatakan sembuh dan tujuh orang diantaranya meninggal dunia.

Sementara itu pasien dalam pengawasan (PDP) di Lampung ada sebanyak 98 orang dengan 14 masih dalam perawatan, 66 dinyatakan negatif, dan 18 lainnya meninggal dunia.

Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) mencapai angka 3.136 dengan rincian 81 masih dalam pemantauan, 3.050 sudah selesai dipantau selama 14 hari dan lima lainnya meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement