Muhammadiyah Kalimantan Barat Imbau Sholat Id di Rumah

Red: Nashih Nashrullah

 Sabtu 23 May 2020 00:00 WIB

Sholat Idul Fitri di rumah untuk mencegah peredaran Covid-19. Logo Muhammadiyah. Foto: Antara Sholat Idul Fitri di rumah untuk mencegah peredaran Covid-19. Logo Muhammadiyah.

Sholat Idul Fitri di rumah untuk mencegah peredaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK— Pimpinan Muhammadiyah Kalbar mengimbau warga setempat melaksanakan sholat Idul Fitri 1441 Hijriyah berjamaah di rumah bersama keluarga, karena masih dalam suasana tanggap darurat Covid-19.

Baca Juga

"Berdasarkan surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.04/EDR/I.O/E/2020 tanggal 21 Ramadhan 1441 H /14 Mei 2020 dan Surat Edaran Gubernur Kalbar No.440/0863/KESRA-B tanggal 17 Maret 2020 tentang Tanggap Darurat COVID-19, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan di rumah masing-masing secara berjamaah bersama keluarga," ujar Wakil Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kalbar, Samsul Hidayat, di Pontianak, Jumat (22/5).

Dia menambahkan untuk sementara waktu juga untuk pelaksanaan sholat wajib dan sunnah di rumah masing-masing secara berjamaah, termasuk sholat tarawih.

Pihaknya terus mengajak warga Muhammadiyah agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan tetap beraktivitas dari rumah saja.

"Kecuali, dengan hal-hal yang sangat mendesak, namun tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, pakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun," katanya.

Warga Muhammadiyah, katanya, harus tetap menjaga hubungan sosial yang baik dan saling menghormati dengan seluruh warga. 

"Warga Muhammadiyah harus tetap gemar berderma, pada situasi sekarang ini bantuan difokuskan pada warga yang terdampak Covid-19. Selanjutnya bantuan tersebut dapat dikoordinasikan dengan MCCC atau dilaporkan ke LAZISMU setempat," ucapnya.

Selanjutnya dia mohon imbauan yang ada menjadi perhatian bersama oleh Majelis/Lembaga dan Ortom di semua jenjang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah hingga anggota dan warga persyarikatan.

"Imbauan ini kami sampaikan dalam upaya dan ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan pandemi ini cepat berakhir," ucapnya. 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X