Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

6 Fakta Menarik tentang Titanic yang Jarang Diketahui

Jumat 22 May 2020 16:13 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Titanic (ilustrasi).

Titanic (ilustrasi).

Foto: The Telegraph
Setidaknya ada 13 pasangan yang menaiki kapal tersebut untuk berbulan madu.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Pada April 1912, Kapal Titanic yang diyakini tak akan bisa tenggelam menabrak gunung es dan karam. Lebih dari 1.500 orang ikut menjadi korban dalam tragedi tersebut.

Meski sudah 108 tahun berlalu, tenggelamnya Titanic masih menjadi salah satu tragedi paling menarik perhatian sepanjang sejarah. Terlebih, ada banyak kisah dan fakta yang ikut tenggelam bersama kapal tersebut dan jarang diketahui masyarakat saat ini.

Laman MensXP mengungkapkan setidaknya ada enam fakta menarik seputar Kapal Titanic yang jarang diketahui banyak orang. Berikut ini adalah keenam fakta tersebut:

1. Ada banyak kekurangan fatal di Kapal Titanic

Tak ada yang menampik Titanic merupakan kapal yang cantik. Akan tetapi, kapal tersebut memiliki beberapa kesalahan pada desainnya. Salah satunya, bagian sekat kedap udaranya tidak tertutup sehinga memungkinkan banyak ruangan di dalam kapal terisi air.

Selain itu, desain Titanic juga tidak begitu jelas. Penggunaan baja pada lambung kapal, serta besi pada paku kapal menciptakan patahan rapuh yang dipicu oleh suhu udara, kecepatan, dan kandungan sulfur di dalamnya.

Saat paku berbahan besi lepas, baja pada lambung kapal mulai ikut terbuka dan menyebabkan Titanic lebih cepat tenggelam. Hanya dibutuhkan waktu dua jam 40 menit untuk meneggelamkan seluruh kapal besar tersebut setelah menabrak gunung es.

2. Ada banyak kisah cinta

Bila membicarakan kisah cinta, Titanic mungkin identik dengan kisah pasangan Jack dan Rose dalam film Titanic garapan sutradara James Cameron. Kenyataannya, ada banyak kisah cinta yang tak diketahui dalam Titanic. Setidaknya ada 13 pasangan yang menaiki kapal tersebut untuk berbulan madu.

3. Penumpang yang terakhir selamat

Dalam film, Rose merupakan penumpang selamat Titanic terakhir yang hidup. Dalam film, Rose dikisahkan berusia 101 tahun ketika kapal tersebut ditemukan. Dalam kehidupan nyata, penumpang selamat terakhir dari Titanic hidup hingga berusia 97 tahun pada 2009. Penumpang tersebut bernama Milvina Dean. Dean merupakan penumpang termuda di Titanic. Saat itu, Dean pergi berlayar bersama kedua orang tuanya dan saudara lelakinya.

Di penghujung kehidupan Dean, sutradara Titanic, James Cameron, dan kedua bintang utama film tersebut yakni Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio memutuskan untuk membiayai kehidupan Dean di panti jompo sehingga Dean bisa menjalani sisa hidupnya dengan damai.

4. Biaya produksi dalam film Titanic

Produksi film Titanic menelan biaya sekitar 200 juta dolar AS. Bila memperhitungkan inflasi, biaya tersebut setara dengan 400 jutaan dolar AS. Fantastisnya, film ini berhasil meraup uang sebanyak 2.194 miliar dolar AS sejak diluncurkan pada 1997.

5. Kisah kepala pembuat roti di Titanic

Charles Joughin merupakan kepala pembuat roti di Kapal Titanic. Joughin berhasil selamat karena meminum alkohol untuk menjaga suhu tubuhnya dari udara yang sangat dingin ketika kapal tenggelam. Joughin mampu bernapas selama dua jam sebelum akhirnya diselamatkan.

6. Masalah cerobong asap

Kapal Titanic memiliki total empat cerobong asap. Akan tetapi, hanya tiga dari empat cerobong asap tersebut yang benar-benar berfungsi dan bekerja dengan baik. Cerobong asap keempat tidak benar-benar bekerja dan dibuat hanya untuk membuat kapal terlihat lebih mewah dan memukau.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA