Senin 25 May 2020 22:41 WIB

Mau Kulit dan Rambut Menawan? Ini Cara yang Mudah

Padukan dengan shea butter untuk manfaat optimal.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Cantik alami berkat kulit dan rambut indah (ilustrasi)
Foto: Womanetely
Cantik alami berkat kulit dan rambut indah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang bisa menyaingi lidah buaya untuk bahan alami perawatan kulit. Tanaman dengan nama ilmiah aloe vera itu mengandung gel yang efektif mengatasi masalah jerawat, mengurangi peradangan, menutrisi dan mendinginkan kulit.

Dikutip dari laman Indian Express, menggabungkan aloe vera dengan shea butter menghasilkan aloe vera butter dengan manfaat yang lebih baik lagi. Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang biasa digunakan untuk masker wajah dan body lotion.

Shea butter memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah dan mengobati kerusakan kulit, termasuk penuaan dini. Kombinasi aloe vera butter menjadi solusi cepat untuk memperbaiki kondisi kulit dan rambut.

Untuk membuat aloe vera butter, campurkan tiga sendok makan gel dari tanaman lidah buaya dengan shea butter secukupnya. Aduk terus sampai teksturnya menjadi pasta, dengan kekenyalan yang merata. Simpan dalam toples kecil di tempat sejuk dan kering.

Produk buatan sendiri itu akan awet dan baik digunakan selama sekitar dua pekan. Jika ingin meningkatkan umur simpan, ganti penggunaan gel alami dari tanaman lidah buaya dengan produk gel lidah buaya keluaran beberapa merek terpercaya.

Sebelum menggunakan aloe vera butter pada kulit, jangan lupa melakukan tes tempel alias patch test terlebih dahulu. Oleskan sedikit produk pada bagian dalam siku atau bagian belakang telinga untuk mengetahui reaksi kulit.

Jika aman tanpa gejala alergi, aloe vera butter aman dipakai sebagai pelembap dan memperbaiki tekstur wajah. Produk bisa juga digunakan untuk merawat bibir pecah-pecah serta menghilangkan lingkaran hitam dan garis halus di bawah mata.

Tidak hanya untuk kulit, aloe vera butter pun bermanfaat untuk rambut. Gunakan sebagai masker rambut sebelum keramas, dengan mengoleskan di kulit kepala sampai ke helaian rambut dan biarkan selama 15 menit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement