Senin 25 May 2020 19:03 WIB

Inilah Sumber Kegalauan Calon Ibu

Banyak informasi yang membuat galau para perempuan seputar kehamilan mereka.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ibu Hamil (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ibu Hamil (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi semua perempuan, khususnya saat kehamilan pertama. Setelah melewati kehamilan, para ibu pun akan dihadapkan pada masa pengasuhan bayi yang tidak kalah menantang, setidaknya hingga anak berusia dua tahun.

Meskipun saat ini sudah banyak informasi kehamilan yang bisa didapatkan dengan mudah, hal ini tidak selalu membantu. Justru dengan makin banyaknya informasi seputar kehamilan dan pengasuhan anak lengkap dengan berbagai teorinya, tak jarang membuat calon orang tua dan orang tua baru bingung mana yang harus diterapkan.

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr Ardiansyah Dara, Sp.OG., M.Kes., menjelaskan banyak informasi yang selama ini membuat galau para perempuan seputar kehamilan mereka. Tidak hanya tentang pengetahuan dasar kehamilan seperti kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang janin, tapi banyaknya mitos seputar kehamilan pun sering menjadi sumber kegalauan para calon ibu.

Hal yang sama pun dialami ibu yang baru melahirkan. Merawat bayi baru lahir, memang cukup menantang bagi orang tua baru. Akhirnya, orang tua menjadi ragu-ragu bagaimana merawat bayi baru lahir dan ketakutan akan terja di kesalahan. Padahal, dengan pemahaman yang cukup, para ibu dan ayah seharusnya bisa merawat bayi baru lahir dengan aman, jelas dr Lucia Nauli Simbolon, Sp.A.

Kini, untuk mempermudah para ibu melahirkan dan membesarkan buah hatinya telah hadir dua buku tentang kehamilan dan parenting. "Ini sebagai alternatif sumber informasi yang tepercaya yang bisa dengan mudah dibagikan dengan suami ataupun orang tua, jelas Co-Founder Teman Bumil, Tiffany Robyn Soetikno.

Buku Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau diterbitkan untuk memberikan informasi lengkap tentang kehamilan dan pengasuhan anak. Keduanya ditulis oleh redaksi Teman Bumil dan sudah disupervisi oleh ahli.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement