Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Orang Tua Milenial, Ini Tantangannya

Jumat 22 May 2020 19:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari

Tak mudah menjadi orang tua milenial seperti saat ini (ilustrasi).

Tak mudah menjadi orang tua milenial seperti saat ini (ilustrasi).

Foto: Antara/Septianda Perdana
Ada empat tantangan utama dalam parenting saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu tantangan orang tua saat ini sangat berkaitan dengan era globalisasi yang serbamudah mendapatkan informasi akibat kemajuan teknologi. Hal ini tak bisa dihindari lagi, terlebih setiap inovasi yang diciptakan juga memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Psikolog Saskhya Aulia Prima MPsi mengungkapkan, ada empat tantangan utama dalam parenting pada saat ini, antara lain anak mudah terpapar informasi dan juga orang tak dikenal, sehingga anak tidak mudah memercayai informasi yang diterima (termasuk dari orang tua). Orang tua tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam karena kesibukan mereka sehari-hari.

Khusus dalam bidang teknologi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasil kan dalam dekade terakhir ini. "Walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkin kan digunakan untuk hal negatif," kata Saskhya.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi mengatakan, teknologi ibaratnya sebilah pisau yang bisa memberikan efek positif dan negatif tergantung penggunaannya. Penggunaan gawai pada anak tentunya harus dengan monitoring dari orang tua.

Menurutnya, teknologi yang baik untuk anak, yaitu teknologi yang diarahkan untuk kepentingan anak, tanpa mengesampingkan hak anak untuk tumbuh optimal. "Termasuk hak belajar, bermain, dan mengandung unsur keamanan dan perlindungan bagi anak," katanya.

Karena itu, ada hasil inovasi yang mampu menjawab tantangan orang tua milenial, yaitu watch phone alias jam tangan ponsel. Teknologi wearable device ini untuk komunikasi antara anak dan orang tua serta keamanan anak.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA