Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Supporter "Karton" Siap Hadiri Laga Monchengladbach

Jumat 22 May 2020 09:19 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Sobekan karton yang memperlihatkan pendukung klub sepakbola Bundesliga Jerman, Borussia Moenchengladbach dipasang di stadion Borussia Park di Moenchengladbach, Jerman, Kamis (16/4). Para pendukung Borussia Moenchengladbach ingin berkontribusi ke suasana yang lebih baik selama

Sobekan karton yang memperlihatkan pendukung klub sepakbola Bundesliga Jerman, Borussia Moenchengladbach dipasang di stadion Borussia Park di Moenchengladbach, Jerman, Kamis (16/4). Para pendukung Borussia Moenchengladbach ingin berkontribusi ke suasana yang lebih baik selama

Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Sekitar 13 ribu suporter Moechengladbach menerima lawatan Leverkusen

REPUBLIKA.CO.ID, MONCHENGLADBACH -- Larangan kehadiran penonton di stadion pada sisa Bundesliga musim ini ternyata tidak menghalangi supporter setia Borussia Monchengladbach untuk terus mendukung tim kesayangannya tersebut. Sekitar 13 ribu supporter akan hadir saat Gladbach menerima lawatan Bayer Leverkusen pada pekan ke-27 Bundesliga, Sabtu (23/5) waktu setempat.

Baca Juga

Namun, kehadiran mereka bukan dalam bentuk kehadiran penonton yang sesungguhnya, melainkan dalam bentuk foto yang ditempelkan dalam potongan karton setinggi ukuran manusia normal. Nantinya, karton-karton berisi foto para pemegang tiket terusan Monchengladbach selama semusim itu akan ditempatkan di kursi sesuai dengan nomor kursi mereka masing-masing di Stadion Borussia Park, markas Borrusia Monchengladbach.

Proyek ini merupakan gagasan dari salah satu kelompok pendukung Borussia Monchengladbach, Fanprojekt Moenchengladbach. ''Hingga kini, kami telah menyelesaikan dan memasang sekitar 13 ribu karton. Namun, kami telah menerima permintaan pemasangan 20 ribu karton secara keseluruhan,'' kata Kepala Fanprojekt Moenchengladbach, Thomas Ludwig, kepada AFP, Jumat (22/5).

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Monchengladbach melakoni laga kandang tanpa kehadiran penonton di pentas Bundesliga musim ini. Pada awal Maret silam, Monchengladbach tampil tanpa dukungan penonton kala menerima lawatan Borussia Dortmund.

Pada saat itu, Monchengladbach harus mengakui keunggulan tamunya, 1-2. Laga itu juga sekaligus menjadi laga terakhir sebelum Bundesliga dihentikan sementara selama dua bulan akibat pandemi Covid-19.

Direktur Olahraga Gladbach, Max Eberl, menyambut baik penempatan karton berisi foto para supporter Gladbach tersebut. Menurutnya, kendati tidak menyamai dengan kehadiran sesungguhnya para penonton, tapi setidaknya ada atmosfer yang berbeda di dalam stadion.

Hal senada juga diungkapkan oleh pelatih Gladbach, Marco Rose. ''Ide ini benar-benar fantastis. Kami mendapatkan kesan, kami tidak benar-benar sendirian saat menjalani sesi latihan di dalam stadion,'' tutur Rose.

Monchengladbach memang tengah membutuhkan dukungan semaksimal mungkin dari para supporternya pada Bundesliga musim ini. Pasalnya, Monchengladbach tengah bersaing di papan atas klasemen sementara Bundesliga, dengan menempati peringkat ketiga usai mengumpulkan 54 poin dari 26 laga. Namun, Monchengladbach mesti tetap waspada lantaran RB Leipzig, yang berada di peringkat keempat, hanya terpaut satu poin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA