Jumat 22 May 2020 06:20 WIB

18 Unit Pompa Dikerahkan Padamkan Kebakaran di Pondok Bambu

Kebakaran tersebut melanda kawasan pemukiman padat di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 18 unit pompa damkar dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar rumah di kawasan padat Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (22/5) pagi. Kebakaran tersebut menimpa rumah tinggal di Jalan Pondok Bambu Atas, Gg. Damai RT 04/RW 12, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Pengerahan 18 unit pompa berikut 90 personel pemadam kebakaran untuk antisipasi perambatan api di kawasan padat hunian," kata Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman di Jakarta.

Peristiwa itu dilaporkan kepada petugas piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur? Jumatpukul 02.04 WIB. Satu unit bangunan seluas 117 meter persegi yang berdiri di kawasan padat hunian terbakar diduga akibat korsleting arus listrik.

"Terjadi korsleting listrik di lantai dua dan menyambar ke bahan mudah terbakar hingga api membesar," katanya.

Rumah yang dihuni 16 jiwa dengan tiga kepala keluarga itu seluruhnya dilaporkan selamat. Sementara api berhasil diantisipasi tidak sampai merambat ke hunian sekitar. "Kerugian materi sekitar Rp 350 juta," katanya.

Kendala yang dihadapi petugas adalah akses jalan yang relatif sempit serta sumber air yang jauh sehingga menyulitkan pergerakan pemadaman api. "Kini api berhasil dipadamkan sejak penanganan awal pukul 02:20 WIB berakhir pukul 03.10 WIB," kata Gatot.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement