Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Ini Enam Manfaat Kesehatan Biji Bunga Matahari

Ahad 24 May 2020 15:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Biji bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: ilustrasi biji bunga matahari)

Biji bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: ilustrasi biji bunga matahari)

Foto: Pxhere
Biji bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, mengonsumsi makanan yang sehat dan beragam merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan yang perlu dilakukan. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah biji bunga matahari.

Ahli gizi Alana Kessler RD mengungkapkan bahwa biji bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kessler lebih merekomendasikan biji bunga matahari yang organik karena tidak terpapar oleh residu pestisida.

Selain itu, Kessler juga lebih merekomendasikan biji bunga matahari yang sudah dipanggang kering dibandingkan biji bunga matahari mentah. Seperti sayuran dan biji-bijian mentah lain, biji bunga matahari yang mentah cenderung lebih sulit untuk dicerna tubuh.

"Karena dibutuhkan lebih banyak enzim (pencernaan) untuk memecahnya," ungkap Kessler, seperti dilansir Well And Good, Ahad (24/5).

Kessler mengungkapkan setidaknya ada enam manfaat baik dari biji bunga matahari bagi kesehatan. Berikut ini adalah keenam manfaat tersebut.

Baca Juga

Sumber Lemak Sehat
Seperti alpukat, biji bunga matahari juga kaya akan lemak sehat. Tiga per empat cangkir sajian biji bunga matahari mengandung 14 gram lemak, yang umumnya adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini kerap dikatakan dapat menunjang kesehatan kardiovaskular.

Sumber Protein
Biji bunga matahari juga kaya akan protein. Satu porsi sajian biji bunga matahari mengandung 7 gram protein. Dengan kandungan protein yang tinggi ini, biji bunga matahari cocok untuk dijadikan sebagai salah satu opsi camilan sehat.

Manfaat Untuk Otak
Biji bunga matahari juga dijuluki sebagai "power snack" karena baik untuk kesehatan otak. Biji bunga matahari diketahui mengandung vitamin E yang dapat mencegah brain fog atau kondisi sulit berkonsentrasi dan membantu melindungi otak dari risiko penurunan kognitif dalam jangka panjang.

Sumber Magnesium
Kessler mengatakan biji bunga matahari merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium dapat membantu pemulihan tubuh setelah bekerja keras.

"(Magnesium) membantu otot bekerja dengan baik," jelas Kessler.

Memberi Lebih Banyak Energi
Kandungan protein dalam biji bunga matahari sudah dapat memberikan tambahan energi. Di samping itu, biji bunga matahari juga kaya akan selenium dan zat besi. Seleniun juga dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Sedangkan zat besi diketahui dapat memperlancar aliran darah yang membantu peredaran oksigen di dalam tubuh.

Baik Untuk Sistem Imun
Biji bunga matahari juga dikenal sebagai sumber zat seng yang baik. Terdapat 7 mg zat seng per satu porsi sajian biji bunga matahari. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap zat seng.

"Zat seng secara langsung memberikan manfaat bagi sistem imun," jawab Kessler.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA