Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Pertarungan Mike Tyson dan Evander Holyfield Semakin Dekat

Jumat 22 May 2020 00:56 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Mike Tyson (kanan) dan Evander Holyfield.

Mike Tyson (kanan) dan Evander Holyfield.

Foto: worldboxingnews.net
Keduanya tengah giat berlatih.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS-- Dua ikon tinju kelas berat, Mike Tyson dan Evander Holyfield mencuri perhatian karena sama-sama mengunggah video latihan mereka sambil berkata "Saya kembali". Unggahan video keduanya memunculkan spekulasi bahwa akan ada pertandingan eksibisi.

"Ia sedang melakukan sesuatu, saya juga sedang melakukan sesuatu," kata Holyfield seperti dilansir Talksport, Kamis (21/5).  "Ketika saya memberi tahu orang-orang, mereka melihat saya bekerja dan memprediksi kami akan bertemu kembali. Faktanya adalah, apapun itu, saya tidak ragu jika kami benar-benar melakukan ini (pertarungan)," ucapnya. 

"Orang utusan (Tyson) sudah bertemu dengan pihak saya dan kami belum mengambil keputusan apa-apa, tapi kemungkinan ini akan terjadi. Jika benar, maka bukan sebuah masalah," ungkapnya. 

Setelah Holyfield meraih medali perunggu di Olimpiade 1984, ia memulai kariernya sebagai petinju profesional dan berhasil menjadi juara dunia pada 1986. Ia pun naik ke kelas berat mulai 1988.  Holyfield terus bertarung hingga 2011 pada usia 48 tahun.

Namun, ia gagal mencapai targetnya untuk menyabet sabuk juara dunia kelas berat sebanyak lima kali. Ia pensiun dengan catatan 44 kemenangan, 10 seri dan 2 kalah. Sedangkan Tyson, mulai menjadi perhatian ketika menjadi juara kelas berat termuda di dunia. Di tahun 1986 ketika berusia 20 tahun, ia meng-KO Trevor Berbick dan pada 1988, Tyson menyabet tiga gelar sekaligus.

Sederet prestasi yang diraih Tyson tidak dilalui dengan mulus. Kariernya disertai kontroversi yang membawa dirinya ke balik jeruji besi. Ia dinyatakan bersalah dalam sebuah kasus perkosaan sehingga harus dipenjara selama tiga tahun.  Setelah keluar dari penjara, ia disebut memilih menjadi muslim dengan nama Malik Abdul Aziz.

Sempat beberapa kali kembali naik ring, namun kasus perkelahian di luar arena lagi-lagi menyeret namanya ke meja hijau. Tyson pun mengaku, sempat terpengaruh marijuana ketika bertanding di tahun 2000. Alhasil, kariernya pun lambat laun terus menurun.


Tanggal 11 Juni 2005, Tyson benar-benar mengakhiri perjalanan profesionalnya ketika memutuskan untuk mengundurkan diri pada ronde ketujuh saat menghadapi McBride. Setelah pertandingan ini, Tyson mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia tinju.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA