Kamis 21 May 2020 20:43 WIB

Bocah Positif Covid-19 Dapat Kejutan Ultah di RS

Pasien nomor 16 ini dirawat sejak 2 Mei setelah tertular virus dari sang ayah.

Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Seorang pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit mendapatkan kejutan saat ulang tahunnya yang ke-12. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotawaringin Timur, pasien yang berulang tahun itu adalah pasien nomor 16 yang berasal dari Kecamatan Telawang.

                               

Bocah itu mulai dirawat di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit pada 2 Mei setelah pemeriksaan swab menunjukkan positif terjangkit Covid-19. Hasil penelusuran riwayat kontak, dia diduga tertular virus karena kontak erat dengan pasien positif Covid-19 nomor 07.

                               

 

Informasinya, pasien 07 merupakan ayah dari bocah tersebut. Sang ayah sudah lebih dulu dirawat di ruang isolasi. Setelah ditangani tim medis, sang ayah kemudian dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang bersama empat pasien lainnya pada Rabu (6/5).

           

Kejutan ulang tahun sendiri datang dari Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Supian Hadi. "Saya sudah meminta dikirim kue ulang tahun untuk dia. Mudah-mudahan dia senang walaupun saya tidak bisa datang langsung ke sana," kata dia, Kamis (21/5).

                   

Supian yang mendapat kabar bahwa Senin (18/5) lalu merupakan hari ulang tahun bocah pasien Covid-19 tersebut berinisiatif memberi kejutan ringan dengan mengirim kue ulang tahun. Dia berharap, idenya itu membawa dampak positif bagi pasien.

                               

"Walaupun terlambat, tidak masalah, kita mencoba terus memberi semangat dan membuat dia bahagia sehingga diharapkan berpengaruh bagus terhadap imunitas," kata Supian.

Dia mengatakan dukungan dan semangat merupakan hal penting bagi pasien agar mereka bisa segera sembuh. Terlebih, pasien berusia 12 tahun itu. Dukungan keluarga dan semua orang adalah sesuatu yang berharga baginya agar bisa melewati cobaan dengan baik dan segera sembuh.

                               

Supian juga memotivasi seluruh tim medis dan kesehatan yang bekerja keras menangani Covid-19. Khususnya, mereka yang ditugaskan di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit.

                               

Dia mendoakan agar tim medis dan kesehatan selalu sehat dan terus bersemangat membantu penyembuhan pasien. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur, saat ini total pasien positif Covid-19 tercatat 17 orang. Mereka terdiri atas 11 orang sembuh, empat masih dirawat, dan dua orang meninggal dunia.

                               

Pasien baru positif Covid-19 hari ini adalah seorang perempuan berusia 31 tahun, asal Kecamatan Cempaga Hulu yang masuk kategori OTG (Orang Tanpa Gejala). Dinas Kesehatan masih menelusuri riwayat pasien tersebut untuk mengetahui dugaan asal terpapar dan siapa saja di sekitarnya yang berisiko ikut terpapar.

                               

Jumlah orang dalam pemantauan 27 orang dan pasien dalam pengawasan satu orang. Tingginya angka ODP dan PDP menjadi gambaran potensi penularan Covid-19 kembali meningkat, apalagi hasil tes cepat sebagian dari mereka menunjukkan reaktif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement