Kamis 21 May 2020 19:54 WIB

Wapres tak Gelar Open House Lebaran

Wapres mengajak masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Juru Bicara Wakil Presiden RI Masduki Baidlowi (kiri).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Juru Bicara Wakil Presiden RI Masduki Baidlowi (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak menggelar open house (gelar griya) lebaran pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah ini. Ini dikarenakan masih terjadinya pandemi Covid-19 di Tanah Air.

"Pak Wapres menyampaikan salam, tidak melakukan open house pada tahun ini karena kita sedang menghadapi pandemi Covid-19," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Kamis (21/5).

Baca Juga

Wapres, kata Masduki, mengajak masyarakat disiplin mengikuti imbauan dan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Karena itu, silaturahim langsung yang biasanya dilakukan umat Muslim pada Hari Raya Idul Fitri sementara dilakukan secara virtual.

"Mohon maaf sebesar besarnya, saya kira kita sama sama memaklumi karenq kita masih harus melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana sudah disosialisasikan gugus tugas bahwa kita harus rajin melakukan protokol kesehatan," ujar Masduki.

Ia menerangkan, sejumlah protokol kesehatan seperti jaga jarak atau physical distancing, rajin mencuci tangan, makan makanan bergizi, cukup istirahat, dan menggunakan masker, juga dilakukan secara ketat dan disiplin oleh Wapres Ma'ruf. Karena itu, ia mengajak masyarakat juga melakukan hal serupa demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat bersabar untuk tidak mudik dan bersilaturahim dengan keluarga di kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Sebagai gantinya, silaturahim lebaran di tengah pandemi Covid-19 bisa dilakukan melalui media secara virtual.

Ia menegaskan, inti silaturahim tidak akan hilang meskipun dilakukan secara virtual.

"Bisa melalui WA (whatsapp) telepon, teleconference, kita pendam dulu untuk bertemu secara langsung, untuk kemasalahan kita semua, orang tua kita, masyarakat semua, inti fungsi silaturahim itu tidak hilang karena bisa secara virtual," kata Ma'ruf melalui akun Youtube resmi Sekretariat Wakil Presiden, Senin (18/5) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement