Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Gara-Gara Jemur Handuk, Pria Iran Ditahan

Kamis 21 May 2020 18:58 WIB

Red: Yeyen Rostiyani

Gara-Gara Jemur Handuk, Pria Iran Ditahan. Tampak bendera Inggris atau Union Jack. (ilustrasi)

Gara-Gara Jemur Handuk, Pria Iran Ditahan. Tampak bendera Inggris atau Union Jack. (ilustrasi)

Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Pelaku mengaku hanya ingin mengeringkan handuknya.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pihak berwenang Turki menahan seorang pria Iran karena ia menjemur handuknya di jendela gedung di Kayseri, Turki. Handuknya menjadi masalah karena bergambar Union Jack atau bendera Inggris. 

Aksi sang pria dilakukan bertepatan dengan hari perayaan di Turki, yaitu Hari Pemuda dan Olah Raga yang jatuh pada Selasa (19/5) dan dilaporkan media pada Rabu (20/5). Pada hari perayaan atau libur nasional, warga Turki memang biasa memasang atau mengibarkan bendera nasional Turki. 

Aksi yang dilakukan sang pria terkesan provokatif di mata para tetangganya. Mereka akhirnya melaporkan sang pria ke polisi. 

Menurut kantor pemerintah setempat, sang pria membela diri dengan mengatakan ia hanya berniat menjemur handuknya. Laporan media setempat menyebutkan, para tetangga bertepuk tangan dan bersorak ketika polisi menggiring si pria ke mobil polisi.

Hari Pemuda dan Olah Raga memperingati awal perang kemerdekaan Turki pada 19 Mei 1919. Saat itu, Turki berperang melarang kekuatan penjajahan yaitu Inggris. Tak heran, handuk bersimbol Inggris dinilai provokatif. 

 

 

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA