Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Tim UGM Dominasi LKTI Mahasiswa Hutama Karya

Kamis 21 May 2020 14:09 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UGM.

Kampus UGM.

Foto: Wahyu Suryana.
Mereka menjadi juara satu dan juara dua kategori infrastruktur-lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil meraih juara dalam lomba karya tulis ilmiah (LKTI) mahasiswa HUT PT Hutama Karya 59. Mereka menjadi juara satu dan juara dua kategori infrastruktur-lingkungan.

Tim Malatax UGM diisi Naditira Lingga, Farhan Iqbal, dan Iqra Kalam sukses jadi juara satu. Tim mengajukan karya tulis berjudul Peningkatan Kualitas Jalan Tol Trans Sumatra dari Segi Konstruksi, Lahan, dan Operasional Guna Mencapai Sustainable Development Goals.

"Jadi kami mengajukan gagasan tentang pengembangan jalan tol Trans Sumatra untuk tercapainya SDGs Indonesia 2030. Harapannya, ide ini membantu Indonesia mencapai targetnya dalam SDGs pada 2030 nanti," kata Naditira.

Lalu, Tim Forester Bulaksumur terdiri dari Dede Rosadi, Joddy Andito P, dan Khaerani Nurlaelita. Mereka berhasil memperoleh juara dua dengan mengusung karya tulis berjudul Inorva atau Innovation of Riparian Vegetation.

Membawa Design: Teknik Konservasi Tanah dan Air Berbasis Vegetatif di Kawasan Sempadan Sungai Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Sebagai Solusi Permasalahan Ekologi dan Ekonomi pada Kawasan Terdampak Pembangunan JTTS.

Dede mengatakan, dalam karya tulis yang diajukan, mereka menyoroti sejumlah dampak negatif akibat pembangunan jalan tol Trans Sumatra (JTTS). Salah satunya berupa masalah ekologi yang menimbulkan persoalan baru yaitu ekonomi.

"Kami berharap karya tulis ini dapat membantu memutus rantai permasalahan baik dari segi ekologi maupun ekonomi," ujar Dede.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA