Kamis 21 May 2020 13:59 WIB

Sinergi Baznas - Shopee Bantu 40 Ribu Mustahik

Sinergi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: wahidah
Ilustrasi: Penyaluran paket bantuan Baznas kepada masyarakat dhuafa.
Foto: (FOTO: Ist./BAZNAS)
Ilustrasi: Penyaluran paket bantuan Baznas kepada masyarakat dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan e-commerce Shopee bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil menghimpun total donasi sebanyak 200 ton beras, atau jika dirupiahkan mencapai sekitar Rp 2 Miliar.  Donasi ini akan disalurkan kepada 40 ribu mustahik, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta mengatakan, donasi tersebut berasal dari kerja sama antara Baznas dan Shopee melalui in app game terbaru milik Shopee yakni Shopee Tanam, yang digelar sejak akhir Februari 2020 dan masih berjalan hingga saat ini.

Arifin mengapresiasi semangat para pengguna atau donatur yang berdonasi melalui Shopee Tanam. Ia menilai, hal itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat kondisi ekonomi negara saat ini yang sedang dalam kondisi krisis Covid-19.

"Sebuah kolaborasi yang baik antara Baznas dan Shopee mampu mengumpulkan donasi dari para donatur hingga 200 ton beras dalam upaya membantu saudara-saudara kita yang masih kekurangan," kata Arifin melalui virtual conference, belum lama ini.

Menurut dia, bantuan yang terkumpul akan segera disinergikan dengan program-program yang sudah berjalan di Baznas dalam upaya membantu pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 lewat bantuan pangan.

Sejak terjadinya pandemi Covid-19, Baznas  telah menyalurkan bantuan program Paket Logistik Keluarga bagi para keluarga miskin, pekerja informal, dan kelompok rentan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pangan harian mereka. Paket tersebut berisi logistik seperti beras, minyak goreng, gula, dan kebutuhan pokok lainnya.

 "Semoga dengan tambahan donasi berwujud beras dari Program Shopee Tanam ini semakin banyak masyarakat yang kekurangan dapat terbantu,” ujar Arifin.

Permainan Shopee Tanam merupakan in app game interaktif yang memberikan kemudahan dengan mengirimkan hadiah secara langsung kepada pemenang. Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Pengguna Shopee dapat bermain dengan menanam buah-buahan ataupun beras pilihan dan menyiraminya secara rutin hingga siap dipanen.

"Setelah panen, pengguna bisa memilih untuk mendonasikannya ke Baznas melalui aplikasi Shopee," jelas Arifin.

Pada kesempatan yang sama, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo  mengatakan, Shopee berupaya terus memberikan inovasi dan layanan bertransaksi secara daring yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

"Tahun ini, kami menghadirkan inovasi terbaru bagi pengguna dalam berdonasi melalui in-app game interaktif kami yaitu Shopee Tanam," katanya.

Untuk memainkan in-app game ini, Shopee bekerja sama dengan Baznas, sebagai mitra pengelola dan penyalur zakat serta donasi terpercaya.

Diharapkan, sinergi Baznas dan Shopee dapat terus berkembang agar dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement