Komunitas Seni Ajak Warganet Berkreasi Sambil Berdakwah

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti

Kamis 21 May 2020 13:28 WIB

Poster karya Fredo Eka Pratama. Foto: @freoep/instagram Poster karya Fredo Eka Pratama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas seni, Keluarga Nasjem, mengajak warganet berkreasi selama Ramadhan. Nasjem merupakan singkatan dari Nasehat Jemuah.

Penggagas komunitas Keluarga Nasjem, Alib Isa (37 tahun), menceritakan awal mula komunitas ini membuat halaman di platform Facebook yang berisi ringkasan dari khutbah Jumat. Ringkasan yang dibuat dalam bentuk poster itu terbit setiap Jumat. Aktivitas tersebut lalu dikembangkan untuk mengisi aktivitas saat Ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

Alib bersama rekannya lantas mengadakan tantangan itu. "Tujuannya memang kami dari komunitas desain, kaligrafi, dan lettering, mengajak teman-teman produktif buat tantangan Ramadhan," kata dia kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Untuk menampung karya partisipan yang ikut, dia membuat akun Nasjem di Instagram. Akun tersebut sudah aktif sekitar empat tahun lalu. Setiap Ramadhan, Alib mengadakan tantangan berbeda-beda. Pada tahun ini tantangannya dinamakan "Produktif Bersama Nasjem". Karya yang diunggah tersebut berupa doa, penggalan ayat Alquran, dan kutipan Islami.

 

Tantangan ini bisa diikuti semua orang. Caranya mudah, membuat 10 karya yang telah ditentukan. Setelah dibuat, karya tersebut diunggah di akun Instagram masing-masing dengan tagar #letteringnasjem dan #ramadhanproduktifnasjem.

Alib berharap, suatu saat bisa mengadakan pameran dan membuat buku dari karya hasil partisipan yang terlibat. Selain pameran, Alib juga berharap bisa berkolaborasi dengan teman-teman yang mempunyai distro Muslim. Menurut dia, desain juga bisa diaplikasikan di atas kaus.

"Semoga nanti bisa mengadakan pameran dan membuat buku yang isinya karya teman-teman yang ikut tantangan," ujarnya.

Salah satu peserta, Fredo Eka Pratama (23 tahun), senang bisa mengikuti tantangan ini. Sebab, dia bisa menjadi lebih produktif selama Ramadhan meski di rumah saja. Butuh waktu sekitar dua hingga jam bagi Fredo untuk mengerjakan karyanya.

Dia berharap, karyanya tersebut bisa menjadi wadah untuk berdakwah. "Yang kami buat kan sekaligus mengingatkan diri sendiri juga dan bisa sekalian berdakwah," kata dia.

Terpopuler