Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Ada Sabotase, Lagu 'Bella Ciao' Menggema dari Menara Masjid

Kamis 21 May 2020 13:17 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Ada Sabotase, Lagu 'Bella Ciao' Menggema dari Menara Masjid. Ilustrasi.

Ada Sabotase, Lagu 'Bella Ciao' Menggema dari Menara Masjid. Ilustrasi.

Foto: alaraby.com
Lagu 'Bella Ciao' disiarkan serentak dari sejumlah masjid di Izmir, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, IZMIR -- Orang-orang Turki dibuat terpana ketika mereka mendengar lagu perlawanan rakyat Italia 'Bella Ciao' yang disiarkan dari sejumlah menara masjid di kota Izmir. Lagu tersebut disiarkan secara bersamaan pada Rabu (20/5) dari beberapa menara masjid di provinsi barat Turki.

Baca Juga

Mendengar suara tersebut, orang-orang Turki kemudian membagikan video kejadian tidak biasa itu di Twitter. Situs yang dibuat oleh kontribusi pengguna, Eksisozluk, bahkan membuka entri untuk insiden ini dengan nama 'Siaran Bella Ciao di masjid-masjid Izmir pada 20 Mei 2020'.

Menanggapi ini, direktorat agama provinsi Izmir awalnya membantah laporan siaran semacam itu dengan mengeluarkan pernyataan di akun media sosialnya. Namun kemudian unggahan tersebut dihapus.

Mereka lantas mengeluarkan pernyataan kedua yang mengatakan sistem adzan pusat telah disabotase oleh orang tak dikenal. Direktorat agama juga mengatakan mereka telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

"Menurut analisis awal kami, orang tak dikenal menyabotase sistem pusat adzan kami dengan cara ilegal," demikian pernyataan direktorat agama provinsi Izmir, dilansir di Duvar English, Kamis (21/5).

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA