Kamis 21 May 2020 13:17 WIB

Ada Sabotase, Lagu 'Bella Ciao' Menggema dari Menara Masjid

Lagu 'Bella Ciao' disiarkan serentak dari sejumlah masjid di Izmir, Turki.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ada Sabotase, Lagu 'Bella Ciao' Menggema dari Menara Masjid. Ilustrasi.
Foto: alaraby.com
Ada Sabotase, Lagu 'Bella Ciao' Menggema dari Menara Masjid. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, IZMIR -- Orang-orang Turki dibuat terpana ketika mereka mendengar lagu perlawanan rakyat Italia 'Bella Ciao' yang disiarkan dari sejumlah menara masjid di kota Izmir. Lagu tersebut disiarkan secara bersamaan pada Rabu (20/5) dari beberapa menara masjid di provinsi barat Turki.

Mendengar suara tersebut, orang-orang Turki kemudian membagikan video kejadian tidak biasa itu di Twitter. Situs yang dibuat oleh kontribusi pengguna, Eksisozluk, bahkan membuka entri untuk insiden ini dengan nama 'Siaran Bella Ciao di masjid-masjid Izmir pada 20 Mei 2020'.

Baca Juga

Menanggapi ini, direktorat agama provinsi Izmir awalnya membantah laporan siaran semacam itu dengan mengeluarkan pernyataan di akun media sosialnya. Namun kemudian unggahan tersebut dihapus.

Mereka lantas mengeluarkan pernyataan kedua yang mengatakan sistem adzan pusat telah disabotase oleh orang tak dikenal. Direktorat agama juga mengatakan mereka telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

"Menurut analisis awal kami, orang tak dikenal menyabotase sistem pusat adzan kami dengan cara ilegal," demikian pernyataan direktorat agama provinsi Izmir, dilansir di Duvar English, Kamis (21/5).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement