Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Tak Perlu Khawatir Minum Banyak Teh, Ini Alasannya

Jumat 22 May 2020 17:01 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari

Minuman teh.

Minuman teh.

Foto: Flickr
Setidaknya boleh minum delapan cangkir per hari.

REPUBLIKA.CO.ID, Minuman teh termasuk salah satu favorit di dunia. Teh bisa dinikmati siapa dan di mana saja karena kandungan alami yang menawarkan segudang manfaat sekaligus harganya yang terjangkau. Akan tetapi tidak sedikit orang yang ragu tentang kelebihan teh. Bolehkah meminum teh cukup banyak dalam sehari? Dilansir laman Huffington Post, ada setidaknya 5 alasan mengapa tidak perlu khawatir mengonsumsi teh, setidaknya delapan cangkir per hari.

Mencegah diabetes

Sebuah studi baru menemukan bahwa minum teh setiap hari bisa membantu mencegah risiko diabetes tipe dua, karena membantu merapikan lonjakan kadar gula darah. Senyawa kimia dalam teh, yang dikenal sebagai polifenol, dipercaya dapat menghambat penyerapan gula dalam aliran darah. Menurut Mail Online, penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi Klinis Asia Pasifik menunjukkan teh mampu mengendalikan kadar glukosa sepenuhnya terlepas dari insulin. 

 

Mencegah demensia

Manfaat teh dapat membantu kadar gula darah dan membantu otak, menurut penelitian dari National University of Singapore. Para ilmuwan menemukan minum teh hitam mengurangi risiko gangguan kognitif pada orang tua hingga 50 persen. Dan pada mereka yang secara genetik berisiko terkena penyakit alzheimer, risikonya berkurang sebesar 86 persen. 

 

Membantu hidup lebih lama

Studi Australia pada tahun 2015 terhadap 1.000 wanita berusia di atas 75 tahun, menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir teh dalam sehari, 40 persen kemungkinan lebih sehat dari peminum alkohol.

 

Memerangi infeksi

Sebuah penelitian dari tahun 2003 menemukan bahwa teh tidak hanya membantu merasa lebih baik tetapi sebenarnya membantu tubuh untuk melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Awet muda

Rupanya teh juga menawarkan manfaat kecantikan kulit. Sebuah laporan menunjukkan bagaimana zat dalam teh dapat dikaitkan dengan peremajaan sel kulit. 

Nah, tidak perlu ragu untuk banyak minum teh, bukan?

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA