Rabu 20 May 2020 20:17 WIB

THR Direksi PTPN IX Dialihkan untuk Bantuan Sembako

THR Direksi PTPN IX digunakan untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19.

Seorang pekerja mengangkat kardus bantuan sembako (ilustrasi).
Foto: ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Seorang pekerja mengangkat kardus bantuan sembako (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) membantu sejumlah warga terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan paket sembako. Bantuan tersebut dibeli menggunakan alokasi anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri dari jajaran direksi dan komisaris PTPN IX.

"Ini wujud dari kebersamaan dan tanggung jawab kamikepada masayarakat bahwa seluruh THR direksi dan komisaris PTPN IX diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat terdampak COVID-19," kata Direktur Komersial PTPN IX Rudi Harjito di kantor direksi di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (20/5).

Hal tersebut disampaikan di sela penyerahan paket sembako kepada warga yang merupakan bagian program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PTPN IX saat pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas, baik secara sosial, ekonomi, maupun keuangan. Sasaran bantuan adalah masyarakat lingkungan sekitar PTPN IX baik yang berada di kantor direksi maupun di kebun atau pabrik gula.

Menurut dia, pemberian bantuan paket sembako yang dilakukan serentak di unit-unit kerja PTPN IX yang tersebar di Jawa Tengah ini juga untuk memberikan semangat kepada masyarakat sekitar.

"Adapun kegiatan hari ini merupakan kesepakatan manajemen untuk mengalokasikan biaya THR direksi dan komisaris dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat kemanusiaan terkait penanggulanagan Covid-19 senilai kurang lebih Rp 440 juta," ujarnya.

Ia menambahkan, jajaran manajemen dan karyawan PTPN IX juga telah menerapkan protokol kesehatan dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah, penyemprotan disinfektan secara rutin, dan penyediaan peralatan kebersihan sejak awal pandemi Covid-19.

Komitmen patuh terhadap peraturan pemerintah dalam menjaga jarak, menjaga kebersihan, tidak mudik saat Lebaran juga berlaku di seluruh unit-unit kerja PTPN IX yang terdiri dari 15 kebun tanaman tahunan, lima pabrik gula, satu unit produksi dan pemasaran produk hilir, serta satu Kampoeng Kopi Banaran.

"Termasuk penerapannya pada kesiapan giling di pabrik gula milik PTPN IX yang dijadwalkan akan mulai giling pada awal Juni 2020 sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan," katanya.

Anisa, salah seorang warga RT 8 RW 3, Kelurahan Mugas, Kota Semarang, mengucapkan apresiasi atas bantuan paket sembako yang diterima dari PTPN IX.

"Alhamdulillah bantuan ini sangat membantu keluarga kami saat pandemi korona, apalagi suami saya hanya menerima gaji pokok dari tempatnya bekerja, namun tetap harus membayar SPP anak," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement