Ini Ucapan Idul Fitri yang Disunnahkan Sesuai Anjuran Nabi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 24 May 2020 06:47 WIB

Ini Ucapan Idul Fitri yang Disunnahkan Sesuai Anjuran Nabi. Foto: MGIT03 Ini Ucapan Idul Fitri yang Disunnahkan Sesuai Anjuran Nabi.

Ucapan Idul Fitri mengandung makna mendoakan sesama Muslim,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Idul Fitri hingga Hari Raya Idul Fitri berlangsung umat Islam biasanya saling mengucapkan selamat hari raya baik secara langsung maupun dikirim bersamaan dengan bingkisan atau melalui media sosial.

Baca Juga

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Ahmad Satori Ismail mengatakan ucapan yang biasa diucapkan umat Islam Indonesia adalah Minal Aidin wal Faizin. Sebenarnya ucapan ini kurang lengkap atau kependekan dari Ja'alanallahu Minal Aidin wal Faizin.

"Artinya, semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali fitrah dan orang yang mendapat kemenangan," ujar dia kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Ucapan ini dibuat oleh ulama belakangan khususnya di Indonesia sebagai ucapan hari raya Idul Fitri hingga kini menjadi budaya di Indonesia. Ini doa yang bagus karena mendoakan sesama Muslim agar kembali fitrah dan mendapat kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Namun, ucapan yang disunnahkan sesuai anjuran Rasulullah adalah Taqaballahu Minna wa Minkum. Artinya, semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian. Hal ini sesuai dengan hadits dari Jubair bin Nafir, "Apabila sehabat-sahabat Rasulullah bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan Taqaballahu Minna wa Minkum".

Kemudian orang yang mendapat ucapan ini menjawabnya dengan Taqaballahu ya Karim. Artinya, semoga Allah menerima doa kami. Dengan ucapan ini diharapkan setelah sebulan menghidupkan malam-malam Ramadhan, memperbanyak sedekah, keinginannya agar semua amalnya itu diterima Allah SWT. Doa-doanya selama ini diterima Allah dan dilepaskan dari siksa api neraka.

Menurut Kiai Satori, ucapan manapun bisa dipilih bergantung kebutuhan. Namun, jika ingin mengikuti sunnah maka dapat mengucapkan ucapan hari raya sesuai anjuran Rasulullah. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X