Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Kapal Penumpang di Tanjung Pandan Tak Layani Arus Mudik

Rabu 20 May 2020 14:33 WIB

Red: Citra Listya Rini

Sejumlah penumpang naik dan turun dari kapal.

Sejumlah penumpang naik dan turun dari kapal.

Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Tidak ada arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG  — Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan kapal angkutan penumpang di daerah itu tidak beroperasi melayani arus mudik Lebaran 2020.

"Untuk angkutan penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan sampai sejauh ini tidak ada yang beroperasi," kata petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Tanjung Pandan Iswandi di Tanjung Pandan, Rabu (20/5).

Dengan demikian, kata Iswandi, dapat dipastikan tidak ada arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung, menjelang tiga hari sebelum Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Sebenarnya ada dari pihak operator mengajukan izin pelayaran. Akan tetapi, entah mengapa mereka (operator) tidak melanjutkan. Kemungkinan untuk mengurus ke provinsinya belum ada," kata Iswandi.

Selain di Pelabuhan Tanjung Pandan, lanjut dia, pelabuhan lainnya di daerah itu juga tidak akan ada arus mudik bagi penumpang karena pelabuhan lainnya hanya untuk barang dan kendaraan.

"Kalau di Pelabuhan Tanjung Ru, hanya kapal Ro-Ro dan kapal ASDP cuma mereka tidak mengangkut penumpang hanya membawa logistik. Kalau ada, yang berangkat itu hanya urusan kedinasan, seperti TNI/Polri dan ASN,” kata Iswandi.

Untuk kegiatan bongkar muat logistik dan sembako menjelang Lebaran, dia menyatakan optimistis lancar dan tidak ada kendala.

"Masih normal. Akan tetapi, pada H-3 kapal-kapal mulai berkurang masuk dan menghabiskan bongkar yang ada di pelabuhan saja dan normal kembali pada H+3 Lebaran,” ujar Iswandi.

 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA