Rabu 20 May 2020 13:30 WIB

Gareth Bale Ditawarkan ke Tim MLS

Bale sudah tak masuk dalam rencana pelatih Zinedine Zidane.

Gareth Bale
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Gareth Bale

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spekulasi masa depan winger Real Madrid Gareth Bale terus berembus. Pemain asal Wales itu menyatakan keinginannya untuk tinggal di Ibu Kota Spanyol, tetapi namanya dikaitkan dengan kepindahan ke klub lain, salah satunya dari Major League Soccer (MLS).

Menurut laporan Jeff Rueter untuk the Athletic, seperti dikutip dari AS, Rabu (20/5), manajemen Madrid menempatkan pemain berusia 30 tahun dari Cardiff itu dalam daftar jual. Penawaran diberikan kepada salah satu klub papan atas AS. Namun, proposal itu gagal.

Klub MLS kini memiliki kecenderungan tidak lagi mengejar bintang-bintang Eropa yang sudah memasuki usia pensiun dengan menawarkan mereka gaji besar. Ini dinilai mempengaruhi kepindahan Bale.

"Tentu saja, itu tidak berarti agen dan klub para pemain tidak akan mencoba menjangkau tim MLS. Bale sudah ditawari untuk setidaknya satu klub Wilayah Timur tetapi dengan cepat ditolak," kata Rueter mengutip sumber, kepada the Athletic. 

Klub-klub tak lagi mau membuang uang sebesar 7 juta dolar AS per tahun untuk seorang pemain yang tak lagi potensial seperti Bale. Saat ini, klub-klub MLS lebih rasional menarik pemain yang bisa mengembalikan dana investasi atau memberikan keuntungan. Ditambah pandemi Covid-19 membuat klub-klub MLS makin hemat berbelanja.

Bale menerima gaji bersih sekitar 14,5 juta euro (Rp 233 miliar) per tahun, dan itu akan menjadi hambatan utama untuk pindah ke AS. Meski demikian, kepindahan ke MLS tidak dapat dikesampingkan, terutama dengan komentar terbaru dari pemain dan agennya, walau mungkin belum terjadi untuk saat ini. 

Pandemi Covid-19 kemungkinan akan berdampak pada banyak transfer lain tetapi Bale juga telah berkali-kali menjelaskan bahwa ia berencana untuk memenuhi kontraknya hingga 2022 karena cintanya pada kehidupan Madrid. Padahal, dia bukan bagian dari rencana pelatih Zinedine Zidane. 

Madrid kemungkinan juga tak akan mau kehilangan uang membiarkan Bale bertahan tanpa kontribusi sepadan. Manajemen Los Blancos kemungkinan akan berusaha keras untuk menjualnya ke klub lain dengan harga pantas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement