Rabu 20 May 2020 10:41 WIB

Kakek 100 tahun Dapat Gelar Bangsawan Inggris Berkat Donasi

Kolonel Tom Moore mendapat gelar kebangsawanan setelah kumpulkan donasi 33 juta pound

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Keluarga kerajaan Inggris. Kolonel Tom Moore mendapat gelar kebangsawanan setelah kumpulkan donasi 33 juta pound. Ilustrasi.
Foto: EPA
Keluarga kerajaan Inggris. Kolonel Tom Moore mendapat gelar kebangsawanan setelah kumpulkan donasi 33 juta pound. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Kolonel Tom Moore, yang menjadi pahlawan nasional di Inggris setelah mengumpulkan 33 juta pound untuk Layanan Kesehatan Nasional, akan dianugerahi gelar kebangsawanan. Gelar itu akan dianugerahi menjelang ulang tahunnya yang ke-100 tahun.

Moore menjadi "Sir Tom" setelah nominasi khusus dari Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Veteran Perang Dunia Kedua ini meraih jumlah rekor dunia dengan susah payah setelah menyelesaikan 100 putaran di kebunnya dengan bantuan alat berjalan empat kaki.

Baca Juga

"Pengumpulan dana fantastis Kolonel Tom memecahkan rekor, menginspirasi seluruh negeri, dan memberi kita semua suar cahaya melalui kabut virus corona," kata Johnson, Selasa (19/5).

"Atas nama semua orang yang tersentuh oleh kisahnya yang luar biasa, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak. Dia adalah harta nasional yang sejati," tambahnya.

Gelar kehormatan ini adalah yang terbaru dari Moore. Untuk ulang tahunnya yang ke-100 bulan lalu, Ratu Elizabeth setuju bahwa ia harus diangkat menjadi kolonel kehormatan dan ia juga diangkat menjadi anggota kehormatan tim kriket Inggris. Sir Moore juga memegang Guinness World Record karena mendapatkan uang terbanyak yang diperoleh seseorang melalui jalan-jalan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement