Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Friday, 19 Zulqaidah 1441 / 10 July 2020

Memasak dengan Keju Ricotta

Ahad 24 May 2020 08:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Oleskan keju ricotta ke roti dan santap dengan potongan alpukat. Ricotta bisa digunakan untuk menggantikan mayones.

Oleskan keju ricotta ke roti dan santap dengan potongan alpukat. Ricotta bisa digunakan untuk menggantikan mayones.

Foto: Flickr
Keju ricotta lebih banyak bisa digunakan dalam makanan ketimbang mozarella.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin selama ini Anda hanya mengenal keju blok prosesan untuk digunakan sehari-hari di dapur. Padahal ada banyak macam keju di pasaran, pada dasarnya keju tersebut terbagi menjadi dua yaitu keju alami dan prosesan.

Salah satu keju alami yang banyak tersedia di pasaran adalah keju ricotta. Keju ricotta lokal juga mudah ditemukan dengan harga yang cukup terjangkau.

Ricotta memiliki tekstur sedikit kasar tapi masuk dalam keluarga keju yang lunak. Karena dibuat dari susu segar dan biasanya tidak ditambahkan bahan pengawet, ricotta harus selalu disimpan dalam lemari pendingin dan segera dihabiskan setelah dibuka.

Ricottta bisa digunakan untuk lebih ragam makanan dibandingkan mozzarella. Ricotta cocok untuk berbagai jenis makanan terutama yang mudah.

Salah satu cara mudah menggunakan ricotta adalah mengolesnya ke roti. Ya betul, gunakan ricotta sebagai pengganti mayones saat membuat roti isi. Atau jadikan keju ini topping pancake, waffle, hingga omelet. Tak hanya berfungsi sebagai olesan, ricotta juga bisa dicampurkan dalam adonan pancake atau muffin.

Ricotta tidak seperti mozzarella yang akan meleleh saat terkena panas. Tekstur ricotta akan agak mengeras saat dipanggang atau terkena api.

Karena dibuat dari susu skim, ricotta lebih rendah lemak dibanding mozzarella. Ricotta pun cocok dijadikan teman pendamping makanan sehat, misalnya ditabur di atas salad berisi sayur mentah atau kukus.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA