Rabu 20 May 2020 07:49 WIB

Pelni Siapkan Skema Bekerja dalam New Normal Life

Diharapkan New Normal Life ini membantu pekerja tetap produktif sekaligus sehat

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Dirut PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Dirut PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelni mempersiapkan penerapan New Normal Life atau gaya hidup baru menyusul pandemi corona yang tak kunjung reda. Diharapkan New Normal Life ini membantu pekerja tetap produktif sekaligus sehat karena berpedoman pada prosedur pencegahan corona.

Pegawai darat PT Pelni telah dua bulan menjalankan kebijakan Work From Home (WFH). Kemudian pemberlakuan skema port stay bergantian bagi kapal-kapal penumpangnya dengan hanya membawa angkutan logistik. Hal tersebut dilakukan guna mendukung langkah-langkah strategis pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga

"Skenario (New Normal Life) yang sedang disusun ini ditujukan bagi seluruh karyawan, mitra kerja, dan para pelanggan kapal Pelni dengan meningkatkan penggunaan teknologi dan digitalisasi," kata Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing dalam siaran pers, Selasa (19/5).

Lebih lanjut, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro menyebut penggunaan teknologi dan digitalisasi di lingkungan perusahaan akan ditingkatkan. Tujuannya meminimalisir kontak fisik selama kegiatan kerja berlangsung. Manajemen juga mulai merencanakan flexible working time bagi seluruh karyawan Pelni.

Skenario new normal life diterapkan sebagai tindaklanjut atas surat dari Menteri BUMN No: S-336/MBU/05/2020 Perihal Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

"Manajemen sedang menyusun strategi pascalebaran nanti untuk seluruh karyawan, terutama bagi anak buah kapal sebagai benteng dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Selain itu kami juga menyiapkan protokol dan langkah-langkah demi keamanan para pelanggan kapal," jelas Yahya.

Pelni berkomitmen melakukan langkah-langkah antisipasi untuk tetap menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan. Sehingga ada pembentukan tim task force penanganan Covid-19 dalam mengantisipasi fase new normal life di PT Pelni.

"Tim task force dibentuk dengan fungsi dan tugas untuk menyusun rencana kebijakan perusahaan dan mempersiapkan perusahaan dalam mengantisipasi terjadinya fase new normal life," ujar Insan.

Rencananya, selama menjalani fase new normal life, karyawan yang berusia di bawah 45 tahun akan diberikan izin bekerja di kantor pascalebaran nanti. Mereka wajib melaksanakan physical distancing, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh.

"Menjaga kebersihan lingkungan kerja akan kami perketat dan tentunya akan kami awasi terutama pada ABK dan armada kapal," ujar Yahya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement