Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Puncak Aktivitas Matahari Diperkirakan 2024, Apa Dampaknya?

Selasa 19 May 2020 22:50 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Matahari terbit. Puncak aktivitas matahari diperkirakan akan terjadi pada 2024.

Matahari terbit. Puncak aktivitas matahari diperkirakan akan terjadi pada 2024.

Foto: EPA-EFE/LUCASZ GAGULSKI POLAND OUT
Peneliti Lapan memperkirakan puncak aktivitas matahari terjadi pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto mengatakan, puncak aktivitas matahari diperkirakan akan terjadi pada 2024. Fenomena angkasa itu berpotensi memicu gangguan komunikasi.

"Puncak aktivitas matahari di 2024 dan diperkirakan puncaknya pun tidak terlalu tinggi, hampir sama dengan 2013 dan 2014," kata peneliti astronomi dan astrofisika pada Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Ketika berada pada fase puncak atau maksimum saat aktivitas matahari tinggi, potensi badai matahari tinggi dan cukup sering terjadi letupan di permukaan matahari. Peristiwa itu akan berakibat pada gangguan komunikasi radio dan gangguan terhadap satelit.

Badai matahari pada fase puncak aktivitas matahari itu juga akan mengakibatkan penebalan atmosfer yang memicu satelit cepat jatuh. Tetapi, tidak ada dampak secara langsung pada kehidupan masyarakat awam.

Namun, karena puncak aktivitas matahari pada 2024 diperkirakan tidak terlalu tinggi, tidak ada pengaruh signifikan terhadap bencana alam di Bumi. Sementara pada saat ini, sedang berlangsung fase minimum matahari yang merupakan kondisi periodik 11 tahunan.

Rhorom menjelaskan, dalam fase ini matahari dalam kondisi tenang. Pada fase minimum matahari, tidak muncul bintik matahari.

Fase minimum matahari itu tidak menyebabkan bencana alam di Bumi. Rhorom menuturkan, fase minimum matahari ini tidak berkaitan dengan aktivitas vulkanik atau membuat gunung meletus.



sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA