Selasa 19 May 2020 21:13 WIB

Promotor GP Jepang Optimis Bisa Gelar Balapan Oktober Nanti

Sirkuit Suzuka merupakan sirkuit milik perusahaan otomotif

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memimpin di depan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel selepas start GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Ahad (8/10). Vettel gagal finis pada balapan kali ini.
Foto: EPA/Diego Azubel
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memimpin di depan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel selepas start GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Ahad (8/10). Vettel gagal finis pada balapan kali ini.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Penyelenggara Formula One (F1) GP Jepang optimis gelaran F1 di Sirkuit Suzuka akan berjalan sesuai rencana, yaitu pada 11 Oktober mendatang. Sebelumnya, 10 seri pembuka F1 musim ini terpaksa ditunda, atau bahkan dibatalkan, demi mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19.

Dari 10 seri pembuka, tiga seri telah dibatalkan, yaitu GP Australia, GP Monaco, dan GP Prancis. Sementara tujuh seri lainnya mengalami penundaan, termasuk GP Bahrain, GP Cina, dan GP Vietnam.

Kini, setelah pelonggaran lockdown di sejumlah negara Eropa, F1 musim ini diharapkan sudah bisa dimulai di GP Austria pada awal Juli mendatang ataupun di GP Inggris pada akhir Juli atau awal Agustus mendatang.

Namun, keputusan ini masih harus menunggu rekomendasi dan masukan dari pemerintah dan otoritas medis setempat. Rencananya, F1 musim ini akan menggelar seri Eropa, dimulai dari Hongaria, Belgia, dan Italia pada sepanjang September.

Kemudian diikuti dengan seri di Asia dan Amerika pada Oktober dan November. Setelah itu dilanjutkan dengan seri penutup di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada pertengahan Desember silam.

Sementara khusus untuk GP Jepang, yang dgelar di Sirkuit Suzuka, bakal dihelat pada 11 Oktober mendatang. Sirkuit Suzuka merupakan sirkuit milik perusahaan otomotif terkemuka asal Jepang, Honda, dan berada sekitar 300 kilometer arah barat daya Tokyo.

Promotor GP Jepang, Motorland, mengakui, cukup optimis, GP Jepang bisa digelar tepat waktu dan sesuari rencana. ''Kami memiliki harapan yang cukup tinggi, GP Jepang bisa tetap digelar pada 11 Oktober mendatang. Dengan begitu, penyelenggaraan ini sesuai dengan jadwal yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh F1,'' kata juru bicara Motorland kepada Motorsportweek, Selasa (19/5).

Tidak hanya itu, Motorland juga berharap, event F1 GP Jepang juga berjalan normal. Artinya, para penggemar lomba balap mobil paling bergengsi sejagat tersebut tetap bisa menghadiri dan menyaksikan GP Jepang secara langsung di Sirkuit Suzuka.

GP Jepang tidak pernah absen di menjadi tuan rumah di gelaran F1 sejak 1987 silam. Sejak saat itu, Sirkuit Suzuka hanya dua kali absen mnggelar balap F1. Dalam dua kesempatan tersebut, Sirkuit Suzuka digantikan oleh Sirkuit Fuji Speedway. Sirkuit Suzuka pun terikat kontrak dengan F1 untuk terus menggelar balapan F1 hingga 2021 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement