Selasa 19 May 2020 19:38 WIB

Puluhan Ribu Tukang Cat Dapatkan Bantuan Sembako

Akibat pandemi Covid-19, para tukang cat tidak dipekerjakan sementara waktu.

Propan Raya menggandeng Yayasan Adidarma dan karyawan Propan di seluruh Indonesia untuk bersatu padu mengumpulkan donasi demi membantu meringankan beban puluhan ribu tukang cat yang tersebar di seluruh Indonesia.
Foto: Istimewa
Propan Raya menggandeng Yayasan Adidarma dan karyawan Propan di seluruh Indonesia untuk bersatu padu mengumpulkan donasi demi membantu meringankan beban puluhan ribu tukang cat yang tersebar di seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akibat pandemi Covid-19, para tukang cat tidak dipekerjakan sementara waktu karena proyek pembangunan harus dihentikan. Kalau pun berjalan, jumlah pekerja dibatasi.

"Berat, karena jumlah tukang harus dikurangi. Tapi mau gimana lagi? Kami juga coba ikuti peraturan pemerintah saja, biar proyek masih jalan. Mau dihentikan pun enggak mungkin, karena kami punya target juga,” ungkap Agu, mandor proyek gedung sekolahan di BSD.

Kondisi yang sama, juga dialami Agus, pemilik workshop furnitur di daerah Joglo, Jakarta. Agus mengaku sudah dua bulan menganggur. 

“Orderan tidak ada. Sudah bingung, kapan Corona selesai," kata Agus.

Melalui kegiatan CSR #PropanPeduliTukangCat, Propan Raya menggandeng Yayasan Adidarma dan karyawan Propan di seluruh Indonesia untuk bersatu padu mengumpulkan donasi demi membantu meringankan beban puluhan ribu tukang cat yang tersebar di seluruh Indonesia.

CEO Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Propan merupakan bentuk komitmen, kepedulian, dan perhatian bagi tukang cat di seluruh Indonesia. 

“Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban para tukang cat yang terkena pandemi Covid-19. Semoga, donasi ini dapat diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian dari kami manajemen Propan Raya, Yayasan Adidarma, dan karyawan Propan Raya, terhadap nasib para tukang cat di Indonesia,” ucapnya.

Dipilihnya donasi kepada tukang cat, karena sektor ini sangat berhubungan langsung dengan dunia Propan. Selain itu, juga karena nasib para tukang ini masih belum diperhatikan. Bantuan berupa sembako pun jarang didapatkan karena kebanyakan yang dapat adalah mereka yang memiliki KTP sesuai dengan tempat tinggal. Sementara, para tukang kebanyakan memiliki KTP daerah atau disebut perantau.

Dari aksi #PropanPeduliTukangCat ini para tukang memperoleh bantuan sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, dan mie instan, serta masker. Penyaluran bantuan ini dibantu oleh toko-toko mitra kerja Propan, kantor cabang Propan di seluruh Indonesia, Tukang.com, dan Ahlicat.com. Aksi #PropanPeduliTukangCat resmi dijalankan per 12 Mei 2020.

Sugi, pemilik toko Bela Warna di daerah Joglo, Jakarta, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Propan. 

“Propan menjadi perusahaan cat pertama yang menaruh kepedulian kepada para tukang rekanan toko cat kami. Terima kasih kepada Propan yang mau peduli di tengah pandemi ini. Yang pasti, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ucapnya.  

Untuk lebih mendekatkan diri dengan para tukang, Kris Rianto Adidarma melalui Instagram @propanraya, menyapa dan menyemangati para tukang. 

“Pandemi ini membuat kita semua berat, tetapi ayo jangan patah semangat. Tetap jaga kesehatan buat teman-teman tukang di seluruh Indonesia, semoga pandemi ini segera berlalu dan kita bisa beraktivitas normal kembali,” tutur Kris Rianto Adidarma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement