Selasa 19 May 2020 18:40 WIB

Total Kasus Sembuh di DIY Hampir Capai 50 Persen 

Kasus positif yang dinyatakan sembuh mencapai 95 kasus dari total 206 kasus positif.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Data pasien covid-19 sembuh (ilustrasi)
Foto: republika
Data pasien covid-19 sembuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus kesembuhan dari kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY terus bertambah walaupun kasus positif baru juga terus bergerak naik. Pada 19 Mei ini, kasus positif yang dinyatakan sembuh sudah mencapai 95 kasus dari total 206 kasus positif di DIY. 

Total 95 kasus ini dikarenakan adanya tambahan lima kasus positif yang sembuh pada 19 Mei. Dengan begitu, kesembuhan kasus positif di DIY hampir mencapai 50 persen. 

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, kasus yang sudah dinyatakan sembuh ini sudah mendapatkan dua kali hasil negatif. Mereka diantaranya tiga warga Kabupaten Bantul dan dua orang merupakan warga Kabupaten Sleman yang seluruhnya berjenis kelamin perempuan. 

Tiga warga Bantul yaitu kasus nomor 103 dengan umur 50 tahun, kasus nomor 116 dengan umur 27 tahun dan kasus nomor 165 dengan umur 42 tahun. Sementara, dua warga Sleman yakni kasus nomor 105 berumur 67 tahun dan kasus nomor 150 berumur 38 tahun. 

"Kasus sembuh yang kasus omor 150 dan 165 itu karyawan Indogrosir dan hasil laboratorium hanya membutuhkan dua sampai tiga hari," kata Berty, Selasa (19/5). 

Sementara itu, juga ada tambahan tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia pada 19 Mei ini. Tiga PDP meninggal dunia ini memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan masih dalam proses laboratorium. 

Seluruh PDP meniggal dunia ini berjenis kelamin laki-laki. Mereka diantaranya berumur 43 tahun asal Gunungkidul dan berumur 81 tahun asal Bantul yang dua PDP ini sudah menjalani tes swab Covid-19. Satu PDP meninggal dunia lainnya berumur 75 tahun asal Kota Yogyakarta yang belum menjalani tes swab. 

"Masing-masingnya memiliki komorbid yang umur 43 tahun ada riwayat DM (Diabetes Mellitus) dan strok, yang umur 81 tahun ada riwayat jantung dan hipertensi, sedangkan yang umur 75 tahun ada riwayat DM," ujarnya. 

Dengan begitu, total PDP yang hasil laboratoriumnya masih dalam proses mencapai 169 orang dengan 24 orang diantaranya meninggal dunia. Namun, total PDP secara keseluruhan di DIY mencapai 1.322 orang dengan 163 diantaranya masih dalam perawatan. 

Untuk kasus yang terkonfirmasi positif di DIY sudah mencapai 206 kasus dengan 95 kasus diantaranya dinyatakan sembuh dan delapan kasus meninggal dunia. Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga sudah mencapai 6.102 orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement