Selasa 19 May 2020 20:46 WIB

Andre Taulany, Dituduh Hina Ulama dan Marga Latuconsina

Kontroversi Andre Taulany, Dituduh Hina Ulama dan Marga Latuconsina

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Andre Taulany dan istrinya.
Andre Taulany dan istrinya.

VIVA – Siapa yang tak kenal dengan presenter kondang Andre Taulany. Namanya dikenal sebagai vokalis band, pemain sinetron, presenter hingga komedian. Sejak 1992 dia sudah melanglang buana di jagat hiburan Tanah Air.

Pria yang sebelumnya akrab disapa Andre ‘Stinky’ ini masih eksis sampai sekarang menjadi host di sebuah talkshow di salah satu stasiun televisi. 

Hanya saja akhir-akhir ini dia jadi buah bibir karena lawakan yang dia lontarkan menuai kontroversi. Videonya viral di jagat media sosial bikin heboh kalangan mana pun.

Plesetan yang dimaksud awalnya berniat untuk bahan lawakan, namun malah membuat satu pihak tersinggung. Alih-alih mendukung penampilannya di panggung hiburan, dia malah dipolisikan.

 

Apa saja kontroversi Andre Taulany ? Namanya sempat heboh karena dua kontroversi yang diberitakan. 

Dituduh Hina Ulama

Pertama, plesetannya diduga menghina ulama saat tampil di program Ini Talkshow pada 22 April 2019 lalu. Dia pun disorot warganet karena tingkahnya saat itu.

Video viral plesetan Adisomad yang dilontarkan Andre Taulany menuai kontroversi. Komedian itu dituding menghina ulama akibat pelesetan Adisomad.

Plesetan Adisomad dituduh sebagai penggabungan dari dua nama ustaz ternama, yaitu Ustaz Abdul Somad alias UAS dan Ustaz Adi Hidayat.

Pelesetan itu dilontarkan saat membawakan acara Ini Talkshow di layar kaca. Terkait hal ini Andre Taulany pun buka suara dan menjelaskan maksudnya.

Suami Erin Taulany itu mengatakan bahwa tudingan itu hanyalah salah sangka. Ia berani bersumpah tak bermaksud menghina ulama seperti yang dituduhkan padanya.

"Kejadian kemarin itu jangan jadi salah sangka karena apa yang dituduhkan pada saya itu enggak bener. Saya itu melesetin kata merek sepatu. Demi Allah tidak tahu, saya spontan mengatakan itu dan yang tersebut namanya adalah Adisomad," kata Andre Taulany dalam program Entertainment News.

Dia sama sekali tak terpikir kalau Adisomad merupakan penggabungan dua nama ustaz beken tersebut.

"Saya enggak kepikiran ke situ, saya cuma spontan. Tidak ada unsur menghina di situ enggak ada kok. Yang menganggap itu penggabungan dua nama kan bukan saya. Itu kan netizen yang meramai-ramaikan dan maksud saya kan enggak seperti itu," katanya.

"Cuma mungkin yang beredar potongan-potongan jadi enggak ada. Coba lihat versi full nya deh," ujarnya.

Dituduh Hina Marga Latuconsina

Tak belajar dari masa lalu, lagi-lagi plesetannya membuat satu komunitas marah dan gusar baru-baru ini. Dia bersama Rina Nose terlibat dalam lawakan tersebut.

Di program acara yang dibawakannya, keduanya melakukan pelesetan terhadap nama marga dari artis Prilly Latuconsina. Akibat plesetan itu, Andre Taulany kembali bermasalah. Ia dianggap menghina marga Latuconsina.

Mereka memelesetkan nama marga Latuconsina di acara televisi yang tayang pada Minggu, 17 Mei 2020. Potongan video lawakan keduanya pun viral di media sosial.

Ada pihak yang tersinggung atas lawakan Andre Taulany dan Rina Nose, yakni Ruswan Latuconsina yang melaporkan Andre dan Rina ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan TBL/2880/V/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ.

Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan atas dugaan melakukan pencemaran nama baik melalui media elektronik. Keduanya dilaporkan dengan Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP.

"Jadi itu kan acara talkshow di NetTV kan pada tanggal 17 itu talkshow Ramadhan. Wakti itu hadir bintang tamu Rina Nose itu, dibikin lah Latuconsina itu sebagai lelucon,” kata Ruswan Latuconsina saat dihubungi awak media, Senin, 18 Mei 2020.

Ruswan mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Andre dan Rina telah melukai hati para pemilik marga Latuconsina.

“Persoalan Latuconsina bukan Prilly-nya, tapi semua orang yang memakai marga Latuconsina. Dan kita punya raja, kita punya tatanan adat itu tersendiri,” kata Ruswan.

Adapun bercandaan antara Andre Taulany dan Rina Nose dalam sebuah acara televisi yang dianggap telah melecehkan marga Latuconsina adalah sebagai berikut.

“Artis yang kalau diundangan selalu datang? Prilly Latukondangan,” kata Andre kemudian tertawa. “Artis, artis apa yang pada saat tertentu merasa kesakitan? Prilly Latukontraksi,” ujar Rina yang disambut tawa.

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement