Selasa 19 May 2020 13:35 WIB

PBB Kirim 89 Truk Bantuan ke Idlib Suriah

Bantuan kemanusiaan PBB sebanyak 89 truk dikirim ke Provinsi Idlib pada Kamis

Rep: Anadolu Agency/ Red: Christiyaningsih
Bantuan kemanusiaan PBB sebanyak 89 truk dikirim ke Provinsi Idlib pada Kamis. Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Bantuan kemanusiaan PBB sebanyak 89 truk dikirim ke Provinsi Idlib pada Kamis. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  HATAY - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada Kamis mengirim 89 truk berisi bantuan kemanusiaan ke Provinsi Idlib, barat laut Suriah. Idlib merupakan wilayah di mana jutaan orang sangat membutuhkan uluran tangan.

Truk-truk yang penuh dengan bantuan kemanusiaan memasuki Suriah melalui gerbang perbatasan Cilvegozu di Provinsi Hatay, selatan Turki, yang berbatasan dengan provinsi Idlib. Bantuan itu akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Kota Idlib dan perdesaan terdekat.

Baca Juga

Suriah telah dirusak oleh perang saudara sejak awal 2011 ketika rezim Assad menindak demonstran pro-demokrasi dengan kejam. Ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta orang terlantar, menurut laporan PBB.

Idlib berada dalam zona de-eskalasi, menurut kesepakatan antara Turki dan Rusia pada akhir 2018. Pada September 2018, Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi dengan larangan tegas pada segala tindakan agresi. Namun, rezim dan pasukan Rusia di zona itu terus melanggar gencatan senjata dan menyebabkan lebih dari 1.300 warga sipil tewas.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pbb-kirim-89-truk-bantuan-kemanusiaan-ke-idlib-suriah/1845844
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement