Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Puding Chia yang Kaya Serat

Ahad 24 May 2020 07:42 WIB

Red: Indira Rezkisari

Olah biji chia menjadi puding yang menyegarkan untuk hidangan Hari Raya.

Olah biji chia menjadi puding yang menyegarkan untuk hidangan Hari Raya.

Foto: Flickr
Biji chia dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji chia adalah salah satu makanan super yang kini dengan mudah ditemukan di supermarket. Laman Lifehack menjelaskan, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi biji chia.

Menambahkan biji chia dalam makanan ternyata bisa mengontrol level gula darah. Hal tersebut dikemukakan sebuah studi dari Ontario, Kanada. Kemudian di dalam Journal of Molecular Biochemistry menyebutkan, kandungan Alpha Lineic Acid (AID) di dalam biji chia bisa menekan pertumbuhan sel kanker.

Biji chia juga berguna melindungi jantung, khususnya mengatur tekanan darah. Selain untuk kesehatan tubuh, anti oksidan yang tinggi di dalamnya juga memiliki efek positif bagi kulit.

Mengonsumsi biji chia secara teratur bisa membuat kulit lebih sehat dan memperlambat penuaan. Kaya akan serat dan protein juga membuat chia efektif menurunkan berat badan.

Saat Lebaran di rumah ini meracik puding dengan biji chia juga bisa dicoba. Bahannya sederhana, yaitu minuman yogurt favorit, biji chia, dan potongan buah kesukaan seperti pepaya, pisang, stroberi, atau apel misalnya. Juga kacang almond untuk taburan.

Cara membuatnya, campur semua bahan-bahan dalam satu mangkok dan aduk hingga merata. Potong kacang almond menjadi potongan kecil dan taburkan sebagai taburan.

Diamkan dulu beberapa saat. Baru kemudian setelah biji chia terendam dalam larutan yogurt hidangkan dingin-dingin.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA