Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Kandang Bilbao Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2021

Selasa 19 May 2020 12:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Presiden UEFA Aleksander Ceferin

Presiden UEFA Aleksander Ceferin

Foto: EPA/MARTIAL TREZZINI
UEFA terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pengelola stadion-stadion itu.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Aleksander Cerefin, mengungkapkan, kandang Athletic Bilbao, Stadion San Mames, hampir pasti menjadi tuan rumah penyelenggaran Piala Eropa 2021. Stadion San Mames, yang terletak di Kota Bilbao, Spanyol, akan menjadi salah satu dari 12 stadion yang menyelenggarakan laga putaran final Piala Eropa 2021.

Pada April lalu, UEFA memutuskan menunda gelaran Piala Eropa 2020 selama satu tahun. Alhasil, edisi ke-16 turnamen sepak bola antara negara-negara Eropa itu baru akan digelar pada 2021 mendatang.

Kendati menunda waktu penyelenggaran, tapi UEFA tidak mengubah rencana lokasi gelaran putaran final Piala Eropa 2020, yang bakal digelar di 12 stadion di 12 kota berbeda di seluruh kawasan Eropa.

UEFA terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pengelola stadion-stadion tersebut. Namun, dari 12 stadion, ada tiga stadion masih mengalami kendala. Kendati begitu, Cerefin menegaskan, Stadion San Mames tidak termasuk dalam tiga stadion tersebut. Artinya, Stadion San Mames dinilai siap menjadi tuan rumah Piala Eropa 2021.

''Sembilan kota telah siap menggelar pertandingan pada musim panas tahun depan. Sementara tiga kota lainnya masih mengalami kendala, dan kami akan terus berkomunikasi dengan mereka. San Mames di Bilbao tidak termasuk dalam tiga stadion tersebut,'' kata Cerefin kepada BeinSports seperti dikutip Mundo Deportivo, Senin (18/5).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memang telah mengajukan Stadion San Mames sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Eropa 2020. Usulan ini kemudian diterima UEFA setelah melakukan berbagai pemeriksaan terhadap fasilitas dan kondisi stadion yang mampu menampung 50 ribu penonton tersebut.

Nantinya, UEFA akan terus memantau kesiapan stadion-stadion yang bakal menjadi tuan rumah Piala Eropa 2021. Sayangnya, Cerefin enggan mengungkapkan stadion-stadion mana yang belum siap menggelar laga putaran final Piala Eropa 2021.

Cerefin pun menegaskan, bukan tidak mungkin jumlah stadion penyelenggara putaran final Piala Eropa 2021 bisa dipangkas. Secara mendasar, UEFA berupaya menggelar putaran final Piala Eropa 2021 di 12 kota. "Namun, sebenarnya turnamen tersebut bisa digelar di delapan atau 10 stadion penyelenggara,'' jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA