Ahad 24 May 2020 12:03 WIB

Resep Mudah Membuat Es Kopi dan Cold Brew di Rumah

Banyak orang yang mungkin mencoba untuk membuat kopi khas kedai kopi favorit.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Banyak orang yang mungkin mencoba untuk membuat kopi khas kedai kopi favorit (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Flickr
Banyak orang yang mungkin mencoba untuk membuat kopi khas kedai kopi favorit (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang mungkin mencoba untuk membuat minuman-minuman khas kedai kopi favorit mereka, seperti es kopi biasa (iced coffee) hingga cold brew. Dilansir Live Strong, Ahad (24/5), kedua minuman ini sepintas sama tetapi ternyata berbeda.

Es kopi dibuat dari bubuk kopi yang sudah diseduh terlebih dahulu. Sementara cold brew lahir dari kopi yang sudah direndam dan diracik tanpa menyeduhnya dengan air panas.

Baca Juga

Tertarik mencoba keduanya? Berikut resep sederhana meracik es kopi dan cold brew.

 

Cold Brew

Salah satu tips untuk membuat cold brew yang perlu diketahui, jangan membuang biji kopi yang lebih tua. Peeples mengatakan untuk mengujinya dengan secangkir cold brew.

"Jika Anda memiliki beberapa kantong kopi yang hampir kosong, lemparkan semua biji kopi itu bersama-sama dan buat segelas minuman dingin bersama mereka! Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya,” ujar Graham Peeples, direktur Beverage of Methodical Coffee.

photo
(Foto: ilustrasi cold brew) - (Flickr)

Selanjutnya, tes waktu dan resep minuman yang berbeda. Setiap orang akan memiliki preferensi yang bervariasi untuk rasa dan seberapa kuat cold brew. Itu sebabnya, Peeples merekomendasikan untuk bereksperimen dengan waktu Anda menyimpannya.

"Jika Anda menyeduh dalam wadah dengan semburan di bagian bawah, jangan takut untuk menuangkan sedikit pada waktu yang berbeda dalam proses pembuatan untuk melihat kapan kopi itu terasa paling enak," jelas Peeples.

Lebih lanjut, Peeples mengatakan setiap kopi akan diseduh sedikit berbeda dan bahkan hal-hal seperti jenis air yang Anda gunakan akan memengaruhi rasanya. Karena itu, ia menyarankan untuk menggunakan air yang telah disaring jika memungkinkan.

Es Kopi

Untuk membuat es kopi di rumah, menurut Kaleigh McMordie seorang ahli makanan, pertama pilih biji kopi, giling berdasarkan metode pembuatan kopi yang Anda miliki (mesin atau tradisional). Biji kopi yang ditumbuk halus bisa menjadi pilihan utama.

Kemudian, panaskan air, namun jangan terlalu panas, sebaiknya sekitar 200 derajat fahrenheit atau di bawahnya. Gunakan dua sendok kopi untuk enam hingga delapan ons air, jika kopi akan disimpan. Sebaliknya, jika akan meminum segera, gandakan jumlah kopi karena es akan dengan cepat mencairkan kopi buatan.

Dinginkan kopi dan simpan di kulkas sebelum menuangkan es langsung. Jika Anda ingin minum kopi segera, tuangkan langsung di atas es setelah diseduh, aduk dan tambahkan lagi es sesuai kebutuhan.

Tony Raffa, pendiri Zombie Coffee & Donuts di Georgia, Amerika Serikat (AS) menggambarkan rasa kopi es sebagai halus, ringan dan menyegarkan, tetapi juga sedikit asam. Menambahkan susu bisa menjadi pilihan untuk menyeimbangkan rasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement