Selasa 19 May 2020 08:11 WIB

Perum Perindo Realisasikan Serapan Ikan Nelayan

Perum Perindo menggandeng beberapa BUMN menyediakan freezer untuk ikan nelayan.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pedagang menata ikan tongkol dagangannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Selasa (12/5). Perum Perindo menggandeng beberapa BUMN untuk menyediakan freezer
Foto: ANTARA/SYIFA YULINNAS
Pedagang menata ikan tongkol dagangannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Selasa (12/5). Perum Perindo menggandeng beberapa BUMN untuk menyediakan freezer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) merealisasikan penyerapan ikan nelayan melalui kerja sama Corporate Social Responsibility (CSR) antar-BUMN. Kerja sama CSR antar-BUMN ini melalui penyediaan ratusan freezer yang kemudian dipasok ikan oleh Perindo dan didistribusikan ke warung-warung UKM di Jakarta dan sekitarnya.

Direktur Operasional Perum Perindo Arief Goentoro mengatakan Perum Perindo menggandeng beberapa BUMN untuk menyediakan freezer dan menampung produk ikan dari Perum Perindo. Hal ini merupakan dukungan untuk pelaku usaha warung pangan agar tetap dapat berjualan di tengah situasi pandemi.

Baca Juga

"Ini langkah awal kami mendistribusikan hasil serapan ikan nelayan,  ke warung-warung UKM untuk dijual lagi ke masyarakat," ujar Arief dalam siaran pers di Jakarta, Senin (18/5).

Perum Perindo menggandeng PT Pegadaian yang menyerahkan 17 unit freezer masing-masing berkapasitas 200 liter di Kantor Pusat Perum Perindo, Jakarta, Senin (18/5). Perum Perindo, lanjut Arief, mengajak sejumlah BUMN berkolaborasi menyediakan freezer ikan menggunakan dana CSR masing-masing BUMN. Pasalnya stok ikan yang dimiliki Perum Perindo membutuhkan ratusan freezer untuk menampung ikan yang akan dibagikan ke Warung UKM.

Sekretaris Perusahaan Perum Perindo Boyke Andreas mengatakan sinergi CSR antar-BUMN merupakan ajakan kolaborasi untuk bersama-sama menyejahterakan para nelayan. Jakarta menjadi kota pertama untuk penyediaan freezer-freezer pasokan ikan ke warung-warung UKM dan diikuti kota-kota besar lainnya untuk realisasi serap ikan nelayan.

"Dengan kita serap ikannya, didistribusikan ke warung kecil untuk dikonsumsi masyarakat sama halnya upaya kita membantu para nelayan," kata Boyke.

Boyke menjelaskan stok ikan hasil serapan nelayan yang dimiliki Perum Perindo hingga akhir April sebesar 1.662 ton dengan jenis meliputi ikan tengiri, ikan cakalang, ikan layang, tuna steak, gurita, baby tuna, dori fillet, ikan kembung, ikan kakap, marlin fillet, cumi, udang kupas, kerapu fillet, ikan kembung, dan sarden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement