Selasa 19 May 2020 14:13 WIB

Supaya Tetap Waras Saat di Rumah Saja

Saat di rumah saja, rentan merasa terisolasi hingga khawatir berlebihan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menonton televisi (ilustrasi)
Foto: Independent
Menonton televisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Selama pandemi Covid-19, sebagian besar orang memusatkan aktivitas dan kegiatan sehari-harinya di rumah karena adanya anjuran berdiam diri di rumah. Menghabiskan sebagian besar waktu di rumah saja tentu bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental bila tidak diantisipasi dengan baik.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik  selama berdiam diri di rumah seperti dilansir Huffington Post. Selain kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga penting dilakukan selama berdiam diri di rumah. Dalam situasi yang serba terbatas selama berdiam diri di rumah, seseorang akan cukup rentan merasa terisolasi hingga merasakan kekhawatiran berlebih.

Untuk menjaga kesehatan mental selama berdiam diri di rumah, salah satu yang perlu dilakukan adalah selektif dalam membaca berita atau informasi. Selama di rumah, seseorang tetap perlu mendapatkan informasi terkini mengenai pandemi Covid-19 melalui media hingga beragam platform lain. Namun, pastikan agar tidak terlalu banyak menadpatkan paparan berita dalam satu hari agar terhindar dari perasaan cemas dan tertekan. Cukup luangkan waktu satu atau dua kali sehari untuk membaca berita terkini seputar Covid-19.

Biasakan pula memiliki rutinitas selama berkegiatan di rumah. Hindari menggunakan piyama sepanjang waktu. Pastikan untuk bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari, mandi dan berpakaian rapi, makan teratur serta berolahraga.

Meski sedang berdiam diri di rumah, bukan berarti harus memutus kontak sosial dengan orang-orang terdekat. Komunikasi tetap bisa terjalin dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi seperti pesan singkat, telepon hingga telepon video. Mengecek kabar dan berbagi cerita dengan orang terdekat dapat menghindarkan diri dari perasaan terisolasi dan kesepian.

Menonton televisi, menggunakan gawai atau bermain gim bisa dilakukan untuk mengisi waktu dan menghilangkan penat selama berdiam diri di rumah. Namun pastikan agar hal-hal ini tidak dilakukan secara berlebihan. Menonton secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mental.

Berbuat baik kepada orang lain selama pandemi Covid-19 juga bisa memberikan perasaan yang positif. Misalnya dengan memberikan sesuatu bagi tetangga yang membutuhkan bantuan.

Bila mengalami masalah kesehatan mental yang terus berlanjut, pertolongan dari tenaga kesehatan profesional mungkin dibutuhkan. Hubungi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan panduan yang tepat dalam mengatasi masalah kesehatan mental selama di rumah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement