Selasa 19 May 2020 13:03 WIB

Tetap Aktif Saat di Rumah Saja

Ada beragam aktivitas fisik menarik yang bisa dilakukan di rumah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Senam di rumah (ilustrasi)..
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Senam di rumah (ilustrasi)..

REPUBLIKA.CO.ID,Selama pandemi Covid-19, sebagian besar orang memusatkan aktivitas dan kegiatan sehari-harinya di rumah karena adanya anjuran beriam diri di rumah. Menghabiskan sebagian besar waktu di rumah saja tentu bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental bila tidak diantisipasi dengan baik.

Ada hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik selama berdiam diri di rumah seperti dilansir Huffington Post. Satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Ini penting untuk menjaga kesehatan jantung, kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh. Anjuran aktivitas fisik untuk orang dewasa adalah 30 menit per hari, sedangkan untuk anak-anak adalah satu jam per hari.

Meski sedang berdiam diri di rumah, ada beragam aktivitas fisik menarik yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah mengikuti kelas olahraga daring, seperti kelas aerobik atau pilates.

Aktivitas fisik juga bisa dilakukan sambil bersenang-senang dengan cara menari diiringi lagu kesukaan. Bagi penggemar gim, tak ada salahnya memainkan gim yang membutuhkan gerakan fisik aktif seperti Wii Fit.

Melakukan latihan skipping juga cukup mudah dilakukan di rumah. Latihan ini dapat melatih ketahanan, kecepatan, koordinasi serta ritme tubuh.

Latihan kekuatan otot dan keseimbangan juga bisa dilakukan di rumah dengan mengikuti instruksi daring. Bagi yang memiliki rumah tingkat, kegiatan naik-turun tangga juga bisa menjadi alternatif untuk membuat tubuh tetap aktif bergerak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement