Selasa 19 May 2020 07:31 WIB

Haaland Lewati Catatan Gol Ronaldo dan Messi di Usia Muda

Haaland telah mengoleksi 41 gol dalam semusim di usia 19 tahun.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland.
Foto: EPA-EFE/MARTIN MEISSNER
Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Erling Braut Haaland terus menjadi buah bibir. Ia tak tertahankan. Seolah-olah badai covid-19, tidak bisa memengaruhi performa penyerang Borussia Dortmund itu.

Saat Bundesliga Jerman kembali dilanjutkan, Haaland langsung mencetak gol. Timnya mengatasi Schalke 04, empat gol tanpa balas, di Signal Iduna Park, Sabtu (16/5) malam WIB.

Setelah laga tersebut, jumlah gol Haland bersama Dortmund mencapai angka 13. Itu terhitung di semua kompetisi. Cukup banyak untuk pemain yang baru bergabung pada Januari 2020.

Jika ditotal, sejauh musim 2019/2020 berjalan, Haaland telah mengoleksi 41 gol. Dalam enam bulan awal, ia memiliki 28 gol saat berkostum RB Salzburg. Itu memengaruhi nilai jualnya.

Menurut Transfermarket, nilai jual Haaland meroket hanya dalam tempo belum setahun. Perinciannya, dari lima juta euro, kini menjadi 60 juta euro. Itu karena poroduktivitas dari bomber 19 tahun tersebut.

Menurut Marca, bahkan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi tidak mampu mencapai 41 gol di usia seperti Haaland. Sejak memulai karier profesional, Ronaldo harus menunggu hingga musim 2007/2008. Waktu itu CR7 berseragam Manchester United.

"Ia mencetak 42 gol di semua kompetisi pada usia 23 tahun, tiga bulan, dan enam hari," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Selasa (19/5).

Messi sedikit lebih cepat dari sang rival. Bersama Barcelona, pada musim 2009/2010, gol La Pulga mencapai angka 41. Saat itu, bintang Argentina berusia 22 tahun, 10 bulan, dan enam hari.

Haaland juga melewati beberapa nama. Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, bisa mencetak 40 gol dalam semusim, pada usia 27 tahun. Begitu juga dengan jugador Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, yang melakukannya di usia ke-29. Selanjutnya Mohamed Salah di usia 25, Harry Kane (24 tahun). Serta Luis Suarez (23).

Fakta di atas menunjukkan kedigdayaan Haaland. Usai duel kontra Schalke, ia merasa belum mencapai performa ideal. Maklum, selama tujuh pekan tak ada kompetisi.

"Tapi saya tahu, saya telah bekerja keras selama periode ini. Saya tidak terkejut ketika saya mencetak gol," ujar wonderkid asal Norwegia ini.

Di saat seluruh dunia menyorotinya, Haaland merasa melakukan pekerjaan sewajarnya. Gol demi gol lahir dari aksi pemain incaran Real Madrid itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement