Wapres: Inti Silaturahim Tidak Hilang Meski Mudik Virtual

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Selasa 19 May 2020 06:11 WIB

Wakil Presiden Maruf Amin Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat bersabar untuk tidak mudik dan bersilaturahim dengan keluarga di kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Ma'ruf  mengatakan, ini tak lain, demi kebaikan bersama mencegah penularan virus Covid-19. Sebagai gantinya, silaturahim lebaran di tengah pandemi Covid-19 bisa dilakukan secara virtual.

"Bisa melalui WA (whatsapp) telepon, teleconference, kita pendam dulu untuk bertemu secara langsung, untuk kemasalahan kita semua, orang tua kita, masyarakat semua, inti fungsi silaturahim itu tidak hilang karena bisa secara virtual," kata Ma'ruf melalui akun Youtube resmi Sekretariat Wakil Presiden, Senin (18/5) malam.

Ma'ruf mengatakan, meskipun tidak biasa, namun tidak mudik adalah pilihan paling tepat di situasi pandemi Covid-19. Ini juga kata Ma'ruf, sesuai dengan hadits Rasulullah SAW untuk menghindar dari bahaya.

"Adaanya Covid-19, kita jadi sulit untuk mudik karena ada bahaya, dalam agama kita disuruh menghindari bahaya, hadis rasulullah, jangan menyakiti diri sendiri, membahayakan dirimu dan orang lain," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif itu.

Pemerintah melarang masyarakat mudik pada lebaran tahun ini karena adanya pandemi Covid-19. Sejumlah titik pengawasan juga disiapkan untuk mencegah masyarakat yang kedepatan nekad untuk tetap mudik ke kampung halaman.