Selasa 19 May 2020 04:52 WIB

KPK Konfirmasi Aliran Uang Nurhadi

Tim penyidik KPK memeriksa seorang karyawan swasta bernama Agnes Jenifer.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Agus Yulianto
 Ali Fikri
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Ali Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menjerat mantan Sekretaris MA Nurhadi. Pada Senin (18/5), tim penyidik memeriksa seorang karyawan swasta bernama Agnes Jenifer.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, Jenifer diperiksa untuk dua tersangka yakni mantan Sekertaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono. Ali mengatakan, keterangan saksi untuk membantu penyidik KPK dalam menguatkan pembuktian dugaan korupsi yang dilakukan kedua tersangka.

"Penyidik mengkonfirmasi mengenai dugaan aliran uang kepada kedua tersangka tersebut," ujar Ali di Jakarta, Senin (18/5).

Dalam kasus ini, KPK menyangka Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono, menerima suap dan gratifikasi senilai Rp46 miliar. Suap diduga diberikan oleh Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto. KPK menyangka Hiendra memberikan uang itu untuk sejumlah kasus perdata yang melibatkan perusahaannya.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan. Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement