Senin 18 May 2020 23:29 WIB

Oprah Winfrey Motivasi Para Wisudawan Virtual

Menurut Winfrey, semua orang harus selalu kreatif dan berbuat baik kepada sesama.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Satya Festyiani
Oprah Winfrey
Foto: EPA
Oprah Winfrey

REPUBLIKA.CO.ID, MENLO PARK -- Figur publik Oprah Winfrey menggunakan kekuatan kata-katanya untuk memotivasi para lulusan yang melangsungkan wisuda virtual. Prosesi wisuda tersebut digagas oleh Facebook akhir pekan silam. 

Sebagai ganti momen menyusuri lorong dan naik panggung saat nama para wisudawan dipanggil satu per satu, Facebook menyuguhkan pengalaman berkesan lain. Deretan selebritas dihadirkan untuk memberikan pidato virtual sarat motivasi.
 
Oprah Winfrey didapuk sebagai pembicara utama, yang sangat tepat karena pidatonya penuh pesan positif. Mantan presenter program bincang santai "Oprah Winfrey Show" itu meyakini para wisudawan akan menjadi pemimpin hebat. 
 
Dia mengatakan kondisi dunia saat ini penuh ketidakpastian. Meski begitu, dia percaya lulusan yang menyimak pidatonya memiliki nilai, keuletan, keteguhan hati, keberanian, dan imajinasi yang membantu melampaui semua rintangan.
 
"Sangat penting untuk belajar menemukan kedamaian di tengah ketidaknyamanan melangkah menuju segala sesuatu yang belum diketahui," kata Winfrey seperti dikutip dari laman CNBC
 
Dia meminta para wisudawan mengambil keuntungan dan peluang dari 'ketidakteraturan' guna mengatur semua dengan cara mereka sendiri. Menurut Winfrey, semua orang harus selalu kreatif dan berbuat baik kepada sesama. 
 
Perempuan 66 tahun itu menyoroti pula kondisi ketidaksetaraan dalam masyarakat, terutama bagi imigran dan warga binaan lapas. Situasi yang sebelumnya sudah ada tersebut semakin terekspose setelah adanya pandemi Covid-19.
 
Menurut dia, momen kelulusan menjadi kesempatan menggunakan pendidikan dan ilmu yang dipelajari untuk berkiprah di masyarakat. Winfrey membandingkan manusia seperti tubuh, di mana setiap jiwa serupa sel yang saling terkait. 
 
 "Apa layanan esensial yang akan Anda lakukan? Temukan apa yang penting bagi Anda. Gunakan pendidikan dan kreativitas untuk menciptakan lebih banyak kesetaraan, keadilan, dan lebih banyak sukacita di dunia," ungkapnya. 
 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement