Senin 18 May 2020 23:17 WIB

Sultan Selangor Ingatkan Muslim Beradaptasi Saat Idul Fitri

Tindakan pencegahan harus tetap dilakukan untuk antisipasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Corona dan dampaknya terhadap pelaksanaan ibadah (Ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Corona dan dampaknya terhadap pelaksanaan ibadah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SHAH ALAM -- Sultan Selangor, Sultan Sharafuddin Idris Shah, mengingatkan umat Islam untuk beradaptasi dengan praktik new normal ketika merayakan Idul Fitri tahun ini.

Dikutip di Bernama, ia mengatakan tradisi umum seperti saling mengunjungi dan berjabatan tangan tidak tepat dilakukan. Terlebih, ketika negara itu masih menghadapi wabah Covid-19.

"Budaya mudik atau pulang kampung, terutama yang melibatkan perjalanan antarnegara harus dihindari. Jangan berkumpul atau mengadakan open house karena hanya memungkinkan munculnya klaster baru infeksi Covid-19," ucap Sultan Selangor, Sultan Sharafuddin Idris Shah, dikutip di Bernama, Senin (18/5).

Meskipun data statistik kasus Covid-19 baru di Selangor menunjukkan penurunan, ia mengingatkan masyarakatnya untuk tetap waspada. Tindakan pencegahan harus tetap dilakukan untuk antisipasi.

Pada saat yang sama, Sultan Sharafuddin juga mendesak masyarakat untuk menghindari penyebaran fitnah dan berita palsu. Informasi yang tidak bertanggung jawab hanya akan berdampak buruk pada masyarakat.

Sultan Sharafuddin juga mendesak masyarakat untuk tetap bersatu. Perayaan Idul Fitri kali ini, tak terelakkan harus dilakukan dalam suasana yang berbeda.

"Umat Islam di seluruh dunia saat ini berurusan dengan penyebaran wabah Covid-19. Namun, yang penting adalah masyarakat harus bersatu untuk memastikan pandemi terkendali dan ekonomi tetap kuat," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement