Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Menu Tepat untuk Sahur Anak

Senin 18 May 2020 21:28 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Satya Festyiani

Roti bakar simpel yang padat gizi untuk inspirasi menu sahur.

Roti bakar simpel yang padat gizi untuk inspirasi menu sahur.

Foto: Freepik
Orang tua ditantang memasak sajian yang menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, Menyiapkan menu sahur dan berbuka di tengah pandemi menjadi tantangan tersendiri. Terlebih bagi keluarga yang masih memiliki anak kecil.

Tak hanya harus menyiapkan makanan bergizi, orang tua ditantang memasak sajian yang menarik bagi anak. Namun hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak menyiapkan makanan bergizi.

Chef Vindex Tengker menjelaskan menu-menu yang bergizi dan seimbang, sebenarnya adalah semua menu-menu yang tidak terlalu berlemak dan bersantan. “Yang penting adalah pemenuhan protein dengan pilihan daging sapi, ayam, atau ikan,” kata dia beberapa waktu lalu.

Namun, dia tidak melarang jika sesekali ada sajian bersantan dalam hidangan keluarga. Sajian untuk anak-anak perlu disesuaikan dengan umurnya. Pun makanan tidak selalu harus digoreng supaya anak-anak mau makan, tapi bisa dipanggang atau dikukus.

Chef Vindex menyarankan orang tua bisa mengajak anak-anak membuat hidangan bersama. Kesempatan itu juga menjadi ajang anak-anak belajar. “Biasanya jika dibuat bersama akan membuat mereka tertarik menikmatinya,” ujar dia.

Dia menekankan penting bagi orang tua membuat pilihan makanan yang bervariasi agar anak-anak tidak bosan. Beberapa pilihan menu yang bisa dibuat, seperti, pastel tutup, sop ayam dan sayuran, aneka soto, macaroni panggang yang dapat diisi sayuran dan sosis, rice bowl dengan pilihan topping menarik, misalnya tumis ayam pedas dengan sayuran dan orak-arik telur. 

“Sama yang penting, ingat gizi seimbang. Jumlah protein, karbohidrat, vitamin dari sayuran, dan cara pengolahan yang tepat,” kata Chef Vindex.

Baca Juga

 
 


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA