Senin 18 May 2020 23:03 WIB

Aplikasi Lawan Covid FC19S Tersedia di Google Play Store

Aplikasi Lawan Covid FC19S bantu lacak penyebaran virus corona.

Aplikasi Lawan Covid FC19S tersedia di Play Store.
Foto: Play Store
Aplikasi Lawan Covid FC19S tersedia di Play Store.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Kita Lawan Covid-19 bersama Inovator 4.0 berinisiatif meluncurkan aplikasi mandiri bernama Lawan Covid FC19S untuk melacak penyebaran virus corona di Tanah Air. Aplikasi tersebut telah tersedia di Google Play Store.

"Aplikasi ini gratis, tinggal akses Google Playstore, dan install," kata founder dan inisiator Kita Lawan Covid-19, Connie Rahakundini Bakrie, saat peluncuran aplikasi ini di Google Playstore, di Jakarta, Senin, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Selain di Google Playstore, LawanCovid19 juga bisa didapatkan dengan mendaftar di situs www.kitalawancovid19.com. Dari situ, aplikasi Lawan Covid FC19S bisa diunduh dan diinstal di ponsel pintar.

"Setelah diinstall di ponsel pintar, pengguna cukup memasukkan data tentang suhu tubuh dan menjawab beberapa pertanyaan penting dengan model ya dan tidak. Dengan kecerdasan buatan yang tertanam di dalam Lawan Covid FC19S, aplikasi akan langsung menunjukkan status kedaruratan kita," papar Connie.

Jika berada di zona merah (risiko tinggi), maka aplikasi akan langsung menghubungkan pengguna ke nomor darurat (Kemenkes 119, BNPB 117 dan 102). Jika berada di zona kuning aplikasi akan langsung menyarankan pengguna untuk pergi ke RS rujukan. Selain itu, aplikasi juga akan memberi saran agar pengguna dapat tetap tenang bila berada di Zona Hijau.

"Intinya, bahwa hanya dengan sedikit tindakan dari kita, sudah membantu mencegah penyebaran dan bisa menyelamatkan nyawa," ucapnya.

Connie mengharapkan agar masyarakat secara mandiri membantu dirinya sendiri, lingkungan, sesama, dan juga pemerintah. Ia mengatakan, Covid-19 bukan semata masalah kesehatan tetapi dalam skala masif dan jangka panjang akan berimbas pada masalah terkait ekonomi, politik, sosial dan utamanya ketahanan nasional kita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement