Senin 18 May 2020 21:05 WIB

Roberto Carlos: Bukan Cristiano, Messi, atau Neymar Tapi..

Bek kiri legendaris Brasil, Roberto Carlos mengungkap pemain favoritnya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Roberto Carlos
Foto: EPA-EFE/KOCA SULEJMANOVIC
Roberto Carlos

REPUBLIKA.CO.ID,  MADRID -- Bek kiri legendaris Brasil, Roberto Carlos menilai mantan rekannya di Real Madrid dan timnas, Ronaldo Nazario de Lima tak ada pemain yang bisa menyamainya meskipun itu Cristiano Ronaldo, Lionel Messi atau Neymar. Menurut Carlos, Ronaldo dapat melakukan semuanya meski di era tersebut tantangannya lebih muda dibandingkan sekarang.

Ronaldo adalah salah satu pesepakbola tersukses di dunia. Bersama klub yang dibelanya ia meraih kesuksesan baik saat berseragam Inter Milan, Barcelona, Real Madrid dan timnas Brasil. Pada Piala Dunia 2020, ia mengantarkan Selecao meraih tropi tersebut.

Baca Juga

Bersama Carlos di Real Madrid, Ronaldo menghabiskan waktu selama lima tahun. Berkat kegemilangannya di Piala Dunia, Madrid memboyongnya dan ketika itu klub kebanggaan ibu kota Madrid sedang membeli pemain-pemain bintang sehingga tim ini dijuluki The Galacticos.

"Ronaldo menonjol dalam latihan. Dia yang terbaik. Tidak akan pernah ada Ronaldo 'Fenomeno' lainnya. Bukan Neymar, Cristiano atau Messi - Ronaldo unik,” kata Carlos, dilansir dari goal, Senin (18/5).

Carlos berpikir dengan fisik Ronaldo yang sedikt gemuk banyak orang melihat dia akan kesulitan mencetak gol. Namun anggap itu tak terjadi dan justru sebaliknya, Ronaldo tajam dalam membobol gawang lawan.

Pada awal bergabung dengan Madrid dimana Ronaldo juga rawan cedera ia mampu menunjukkan ketajamannya. Ia mampu beradu keahlian dalam mengolah si kulit bundar bersama Luis Figo dan Zinedine Zidane.

"Saya tahu betapa sulitnya dia ketika dia tiba tetapi banyak orang di Madrid tidak. Dia mengejutkan banyak orang. Saya ingat 80.000 orang sangat senang dan terkejut olehnya,” Carlos menambahkan.

Carlos lalu mengungkapkan bagaimana bagaimana suasana ruang ganti saat tim diisi oleh pemain-pemain bintang saat itu. Menurutnya, meski menyandang sebagai pemain besar, seluruh pemain mengesampingkan egonya.

Karena itu, Carlos merasa suasana tersebut sangat luar biasa. Ia juga memuji Madrid sebagai klub besar yang bisa merekrut pemain hebat. Semua pemain, lanjutnya, harus berbicara bahasa Spanyol di ruang ganti. Hanya David Beckham yang lebih banyak berbicara bahasa portugis karena dekat dengan Ronaldo dan Carlos sendiri dimana bahasa portugisnya lebih baik dibandingkan Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement