Senin 18 May 2020 19:34 WIB

Tes Cepat Covid-19 Massal Dilakukan di Pasar-Pasar Ciamis

Hasil tes Covid-19 di Ciamis menunjukkan empat orang reaktif.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nur Aini
Petugas medis melakukan tes diagnostik cepat (rapid test) Covid-19, ilustrasi
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Petugas medis melakukan tes diagnostik cepat (rapid test) Covid-19, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  CIAMIS -- Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melakukan tes Covid-19 massal di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan pada Senin (18/5). Tes massal Covid-19 itu dilakukan melaui metode uji cepat (rapid test) dan polymerase chain reaction (PCR) atau tes swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Yoyo mengatakan, pemeriksaan rapid test dilakukan kepada sebanyak 92 orang dan pemeriksaan swab PCR sebanyak 110 orang di Pasar Manis Ciamis, sekiyar Yogya Dept Store, Pasar Galuh Kawali, dan Toko Setia Kawali. Dari hasil tes massal itu, empat orang dinyatakan reaktif. 

Baca Juga

"Hasil pemeriksaan rapid test, empat orang terindikasi reaktif. Dari Pasar Galuh Kawali dua orang dan Toko Setia Kawali dua orang," kata dia, Senin.

Ia menjelaskan, di Pasar Manis Ciamis, sebanyak 25 orang dites rapid test. Sementara 56 orang diperiksa swab. Hasilnya, pemeriksaan rapid test tidak terindikasi ada warga yang reaktif.

Sementara di sekitar pertokoan Yogya Dept Store, jumlah warga yang diperiksa rapid test sebanyak 24 orang dan 44 orang diperiksa swab. Hasilnya, dari pemeriksaan rapid test tidak terindikasi warga yang reaktif.

Yoyo menambahkan, di Pasar Galuh Kawali, terdapat 21 orang yang diperiksa rapid test dan delapan orang dites swab. Hasilnya, dua orang terindikasi reaktif dari hasil rapid test.

Sedangkan di Toko Setia Kawali, rapid test dilakukan kepada 22 orang dan empat orang dites swab. Hasilnya, pemeriksaan rapid test menunjukkan dua orang terindikasi reaktif.

Menurut dia, pemeriksaan itu masih akan terus dilanjutkan. 'Pemeriksaan massal Covid-19 akan dilanjutkan nanti malam jam 20.00 WIB berlokasi di sekitar alun-alun," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement