Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Tips Rawat Mobil yang Terparkir Lama di Garasi

Ahad 24 May 2020 07:00 WIB

Red: Ani Nursalikah

Tips Rawat Mobil yang Terparkir Lama di Garasi.

Tips Rawat Mobil yang Terparkir Lama di Garasi.

Foto: ANTARA /Aprillio Akbar
Mobil yang terlalu lama diam di garasi bisa mengalami sejumlah masalah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberlakuan pembatasan aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, memaksa pemilik mobil tidak menggunakan kendaraannya dan membiarkannya berdiam di garasi. Menurut Head of Aftersales & CS Operation Group PT MMKSI, Boedianto, jika mobil terlalu lama diam di garasi akan menyebabkan beberapa masalah.

Baca Juga

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mobil yang lama terparkir di garasi rumah.

Rutin panaskan mesin

Panaskan mesin mobil minimal setiap tiga hari sekali, selama 10-15 menit dengan RPM minimal 1500 saat dipanaskan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir masalah pada aki atau baterai.

"Jika mesin tidak dinyalakan secara rutin, bisa dipastikan kemampuannya melemah, mengingat tidak adanya siklus pengisian ulang daya dari alternator yang terjadi seperti saat mesin hidup atau berjalan," kata Boedi.

Periksa oli mesin

Masalah berikutnya jika mobil terlalu lama parkir adalah pada pelumas mesin. Jika mesin mobil tidak rutin dinyalakan maka ada kemungkinan oli mesin akan mengendap di bagian bawah mesin dan mengurangi fungsi pelumasan pada mesin.

"Sebaiknya Anda mengganti oli terlebih dahulu jika mobil sudah terlalu lama diam dan mesin tidak dinyalakan secara rutin," kata dia.

Isi bahan bakar hingga penuh

Ketika berniat meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, pastikan kondisi tangki dalam keadaan yang penuh. Tujuannya agar tidak ada sisa ruang udara di tangki kendaraan yang dapat mengakibatkan embun/kondensasi yang nantinya berakibat pada penurunan kualitas bahan bakar.

Cek tekanan angin pada ban

Berikutnya adalah masalah pada ban jika mobil cenderung diam dalam waktu yang lama. Tekanan angin karet bundar bakal berkurang dan menyebabkannya rata sebelah atau flat spot.

Jika sudah begini maka kerusakan di kaki-kaki bisa juga menjalar ke bearing roda, karena beban hanya bertumpu pada satu titik. Jika ingin memarkirkan dalam waktu panjang, sebaiknya isi dengan tekanan angin maksimal.

Lakukan juga pengecekan setiap seminggu sekali atau mendongkrak mobil supaya ban tidak langsung menyentuh lantai. Ini bisa dilakukan untuk mengurangi gejala kempis atau ban rata sebelah tadi.

"Dan untuk menghindari kerusakan pada bearing roda, panaskan mobil sembari membawanya berjalan agar roda berputar," ujar Boedi.

Parkir di tempat datar

Cara merawat mobil yang jarang dipakai lainnya adalah dengan memarkirkannya pada tempat yang datar dan jangan aktifkan rem parkir yang hal ini dapat mengakibatakan lengketnya kampas rem dengan piringan rem jika dalam kurun waktu yang lama.

"Baiknya masukkan ke gigi satu untuk mobil bertransmisi manual dan posisi P untuk mobil bertransmisi otomatis. Jika kondisi parkiran kurang datar, Anda bisa mengakalinya dengan mengganjal ban mobil," kata dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA