Senin 18 May 2020 19:03 WIB

Kar Powership Indonesia-PLN Donasi Ventilator dan APD

Bantuan sangat dibutuhkan tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

PT Kar Powership Indonesia (KPI) melalui PT PLN (Persero) memberi donasi berupa alat perlindungan diri (APD) dan ventilator guna membantu rumah sakit dan tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19 di Indonesia.
Foto: KPI
PT Kar Powership Indonesia (KPI) melalui PT PLN (Persero) memberi donasi berupa alat perlindungan diri (APD) dan ventilator guna membantu rumah sakit dan tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19 di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kar Powership Indonesia (KPI) melalui PT PLN (Persero) memberi donasi berupa alat perlindungan diri (APD) dan ventilator guna membantu rumah sakit dan tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19 di Indonesia. Donasi dengan total nilai sekitar Rp 1 miliar itu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk membantu merawat pasien dan memutus penyebaran Covid-19.

Dalam surat Nomor 0188/KLH.05.03/10400/2020, PLN Persero mengundang KPI untuk bekerja sama dalam penyaluran bantuan terhadap tenaga medis di situasi pandemik Covid-19. Bantuan terdiri dari dua tahap, tahap pertama KPI akan mendonasikan 1.000 APD dan pada tahap kedua KPI akan mendonasikan mesin ventilator darurat, sehingga total nilai donasi secara keseluruhan bernilai Rp 1 miliar.

“Kami turut prihatin dengan wabah Covid-19 yang melanda Indonesia. Banyaknya jumlah pasien Covid-19 membuat kami tergerak untuk memberi bantuan yang diperlukan kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19,” ujar Direktur Regional Kar Powership Indonesia, Mehmet Ufuk Berk, dalam keterangnnya di Jakarta, Senin (18/5).

Ufuk berharap dengan bantuan APD dapat mengurangi risiko paparan virus bagi tenaga medis. Sedangkan ventilator darurat sangat diperlukan rumah sakit dalam membantu pasien Covid-19. Menurutnya, bantuan tersebut sangat diperlukan kondisi saat ini mengingat kebutuhannya masih sangat cukup banyak dalam membantu merawat pasien.

Selain itu manajemen Kar Powership Indonesia juga menjalankan protokol kesehatan anti Covid-19 dalam melakukan pencegahan penyebaran virus berbahaya itu. Baik di lingkungan kerja kantor pusat maupun seluruh kru yang bertugas mengoperasikan kapal pembangkit listrik Kar Powership Indonesia di berbagai wilayah Indonesia. Saat ini, protokol kesehatan tersebut telah diterapkan kepada karyawan termasuk kru dan teknisi yang bertugas di kapal dan dipastikan tidak ada yang terjangkit Covid-19.

Ufuk menjelaskan penyusunan protokol tersebut telah dilakukan pada periode awal merebaknya wabah Covid-19 di dunia, dengan proses sosialisasi yang semakin diperkuat dan telah dijalankan dengan baik. Hingga kini seluruh kapal pembangkit listrik beroperasi dengan normal dan tidak ada hambatan kendati merebaknya virus Covid-19 di Indonesia.

Selama ini Kar Powership Indonesia sebagai perusahaan pembangkit listrik terapung selalu mendukung PLN di berbagai wilayah untuk menyalurkan bantuan membantu pemerintah menangani musibah di Tanah Air. Sebelumnya Kar Powership Indonesia telah memberikan bantuan berupa paket tenda serta kebutuhan pokok di Palu disalurkan melalui Baznas dan di wilayah Ambon yang terkena musibah gempa bumi tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement